30 June 2015

by wiku

Produk Terbaru Dell untuk Pengguna Enterprise dan Konsumen Resmi Dirilis, Termasuk Ultrabook XPS 13

Dell secara resmi memperkenalkan beberapa produk terbaru untuk konsumen Indonesia, salah satu produknya antara lain adalah flagship Ultrabook XPS 13.

Beberapa produk yang diperkenalkan Dell kali ini mencakup segmen enterprise dan juga konsumen umum. Laptop seperti Dell Precision MLK M3800, Vostro 14 Seri 3000, Inspiron 14 Seri 5000 dan primadona Ultrabook XPS 13 adalah jajaran perangkat komputer jinjing yang diperkenalkan. Untuk kalangan enterprise ada PowerEdge R930 dan C630.

Untuk Vostro 14 Seri 3000 sendiri merupakan notebook yang ditujukan untuk pengguna yang merupakan usaha kecil yang membutuhkan perangkat harga terjangkau tetapi tidak murahan. Dijelaskan dalam presentasi acara peluncuran, atas peluang ini Dell menjawab dengan menghadirkan notebook Vostro terbaru.

Dengan harga mulai 5.5 juta rupiah secara spesifikasi notebook ini membawa prosesor Intel terbaru generasi lima  (hingga core i5). Daya tahan baterai di atas kertas sampai 9 jam tentunya akan berguna untuk membantu pekerjaan. Ketebalan yang kurang dari 1 inci juga cocok untuk mobilitas.

Sedangkan Dell Inspiron 14 Seri 5000 hadir dengan Intel Core generasi 4 serta, tahan baterai 8 jam dan layar sentuh HD. Segmen medium yang mau disasar oleh perangkat ini adalah pengguna yang ingin bekerja dengan laptop, meng-edit video atau chatting atau penggunaan sehari-hari. Layar menjadi keunggulan utama selain touchpad yang presisi, keyboard, fitur True Color. Warna yang dihadirkan bermacam-macam juga cocok untuk pasar yang ingin disasar. Harga laptop ini adalah dijual mulai dari 6.899.000 rupiah dan dilengkapi penyimpanan cloud 200GB dari Dropbox.

Salah satu perangkat yang cukup menarik, setidaknya menurut saya, adalah kehadiran Dell XPS 13, laptop tipis dengan desain menawan (carbon fiber) dengan infiniti display - boderless. Hadir dengan layar 13 inci - sesuai namanya - serta daya tahan baterai lebih dari 15 jam dan berat kurang lebih 1.18kg sudah bisa dibilang sangat cukup untuk menemani mobilitas kerja. Dukungan lain untuk kinerja adalah penggunaan prosesor Intel generasi 5.

Meski sayang saat acara saya belum sempat menjelajah layar yang dihadirkan namun di atas kertas XPS 13 ini membawa layar UltraSharp Quad HD+ dengan 5.7 piksel untuk kenikmatan menonton, bekerja yang membutuhkan layar baik seperti presentasi atau edit foto.

Saat mencoba untuk melihat desainnya, memang cukup menggoda, tipis dan build-nya juga terasa baik. Laptop ini hadir dengan harga mulai dari 19.149.000 rupiah.

Salah satu produk premium lain yang dirilis saat acara adalah Dell Precision MLK M3800 yang merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya. Workstation berbentuk laptop ini hadir untuk ‎segmen enginering dan desainer yang menggunakan layanan seperti Autocad.

Layar workstation ini telah disediakan opsi Ultra HD 4K dengan resolusi lebih dari 8 juta piksel. Prosesor yang dihadirkan adalah Intel Core i7 generasi 4 dan kartu grafis NVDIA Quadqro K1100M untuk pekerjaan render dan modeling rumit.  Harganya mulai dari 35.630.000 rupiah.

Selain laptop ada dua produk untuk segmen enterprise yaitu PowerEdge C6320 dan R930.