Facebook Umumkan Gaming Creator Pilot

Program Baru Facebook Disiapkan Buat Menyaingi Twitch dan YouTube Gaming

Facebook berencana untuk menyediakan tool agar kreator dapat memonetisasi konten mereka.
StoneMountain64.
StoneMountain64.

Dahulu menjadi rumahnya permainan-permainan berbasis web, peluncuran Gameroom di bulan November 2016 memperlihatkan keseriusan Facebook dalam mengikuti langkah Steam. Kemu-dian belum lama ini, sang raksasa jejaring sosial itu juga melangsungkan kolaborasi bersama ESL. Facebook dipilih sebagai ‘partner broadcast utama’ untuk acara CS:GO Pro League and ESL One.

Dan beberapa hari lalu, perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu menyingkap rencana yang lebih ambisius lagi. Mereka mengumumkan program baru bertajuk Gaming Creator Pilo untuk membantu para kreator video gaming membangun komunitas di Facebook. Gaming Creator Pilot merupakan ekspansi lebih jauh dari Facebook Live, disiapkan buat menyaingi Twitch dan YouTube Gaming, dengan cara menggaet lebih banyak kreator bergabung ke platform mereka.

Facebook menjelaskan bahwa alasan yang mendorong diadakannya Gaming Creator Pilot ialah bagaimana Facebook Live mengubah cara orang berkreasi lewat video. Sang developer juga melihat interaksi langsung antara para kreator dengan pemirsanya. Sejauh ini, program tersebut sudah memperlihatkan potensinya dan berhasil menghimpun sejumlah talenta.

Satu contohnya adalah StoneMountain64, salah satu live-streamer populer di Facebook dengan jumlah follower lebih dari satu juta orang. Tiap hari, stream PlayerUnknown’s Battleground dan Fortnite yang ia buat dikonsumsi oleh begitu banyak fans. Facebook telah mempersiapkan program ini sejak tahun lalu, dan di awal 2018 mereka mulai mengeksekusinya.

Beberapa hal jadi perhatian Facebook di Gaming Creator Pilot. Selain mambantu membangun komunitas, Facebook ingin meningkatkan interaksi antara sesama gamer serta para penikmat dengan pencipta konten.

Selanjutnya, developer berencana untuk menyediakan tool agar kreator dapat memonetisasi konten mereka; dan meningkatkan distribusi serta kemudahan akses konten baik di Facebook.com, Instagram serta Oculus. Terakhir, mereka punya agenda agar platform tersebut memberikan ‘kesempatan yang sama bagi tiap kreator di level berbeda’.

Facebook mengakui masih ada banyak hal yang harus di kerjakan, namun mereka berjanji untuk segera mempersiapkan pilar-pilar fundamentalnya lebih dulu agar prakarsa ini sukses. Langkah pertamanya adalah memastikan kualitas live-stream tersuguh di resolusi 1080p dengan 60FPS. Pendaftaran dapat dilakukan lewat tautan ini.

Monetisasi adalah aspek penting dalam memikat para kreator konten buat bergabung ke sebuah platform stream. Elemen ini memang sudah lebih dulu ada di Twitch dan YouTube, namun keunggulan Facebook adalah layanannya menjangkau lebih banyak segmen pengguna. Inilah yang jadi key selling point Gaming Creator Pilot.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…