Categories

Berita

Program CSLeaders Berikan Beasiswa untuk Cetak Ahli Komputer Nasional

Lima belas mahasiswa terpilih pada batch 1 berasal dari Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung

Adjie Priambada - 16 February 2016

Sebagai negara berkembang yang turut menghadapi pesatnya laju pertumbuhan teknologi, Indonesia masih perlu banyak ahli di bidang ilmu komputer. Berangkat dari alasan tersebut Yayasan Nithya Bhaskara Widya menggagas program beasiswa Computer Science Leader (CSLeaders) dengan tujuan untuk memupuk bibit-bibit unggul yang ingin mendalami teknologi. Saat ini, ada 15 mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) dan Institute Teknologi Bandung (ITB) yang berhasil menerima program beasiswa CSLeaders.

Program CSLeaders adalah program beasiswa yang menyediakan kesempatan bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ingin mengambil jurusan Ilmu Komputer di jenjang universitas. Tapi baru UI dan ITB yang membuka beasiswa CSLeaders ini. Program CSLeaders ini sendiri disponsori oleh Tokopedia, PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK Group), Astel Group, Monk’s Hill Ventures dan Eduardo Saverin.

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa CSLeaders nantinya akan ditanggung uang biaya kuliah, biaya hidup, biaya riset tugas akhir, hingga mendapat kesempatan magang dan juga belajar di luar negeri. Pun begitu, hingga saat ini masih belum ada keterangan perusahaan mana saja yang menjalin kerja sama untuk program magang yang akan dijalankan.

Salah satu penggagas program CSLeaders, yang juga merupakan Managing Director Monk’s Hill Ventures, Peng T. Ong berharap program ini dapat mencetak talenta-talenta baru sebagai ahli di bidang ilmu komputer yang memiliki jiwa kepemimpinan dan bisa menularkannya kepada orang disekitar.

Dalam acara Welcoming Ceremony yang berlangsung Sabtu lalu Peng mengatakan:

"Kami memulai program beasiswa ini dengan alasan yang sederhana. Kami ingin orang-orang tidak hanya memberikan dampak [kepada lingkungan masyarakat]. Menjadi pintar itu bagus, tetapi menjadi pintar, tahu dan [bisa] mengarahkan apa yang harus dilakukan, memiliki kemampuan untuk memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu, itu jauh lebih penting."

Setelah melalui proses seleksi dari sekitar 700 orang yang mendaftar, terpilih 15 mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa dari program CSLeaders. Mereka terdiri dari enam mahasiswa UI dan sembilan mahasiswa ITB.

Enam mahasiswa dari UI yang menerima beasiswa CSLeaders ini adalah Aldi Fahrezi, Fachrur Rozi, Fahmi, Sara Dewi Fadila, Teuku Amrul, dan Valentina Kania.

Sedangkan sembilan lainnya yang berasal dari ITB adalah Annisa Nurul Azhar, Bethea Zia Davida, Jery Octavianus, Muhammad Irfan Maulana, Juleo Nobel Pratama, Judhistira Natha Junior, Raahmad Yesa Surya, Robby Syaifullah, dan Turfa Auliarachman.

Pun baru UI dan ITB yang menerima program beasiswa CSLeaders, namun Peng juga menyebutkan bahwa tak menutup kemungkinan untuk menambah daftar universitas lainnya di kemudian hari. Tapi itu akan dilakukan setelah dua atau tiga batch program ini berjalan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter