15 April 2015

by Glenn Kaonang

Program "Designed for Families" Permudah Orang Tua Mencari Konten untuk Anak-Anaknya di Google Play

Sekitar sebulan yang lalu, Google mengungkap proses pra-publikasi baru untuk aplikasi Android, dimana mereka memadukan kecanggihan algoritma dan pengawasan manual dari tim internal yang mereka bentuk. Tujuannya, supaya aplikasi Android bisa lebih ‘bersih’ dan tidak ‘rawan’ virus atau malware.

Bersamaan dengan itu, Google juga memperkenalkan sistem rating baru untuk aplikasi-aplikasi di Google Play berdasarkan faktor usia. Bekerja sama dengan berbagai badan sistem rating, Google tampaknya ingin menghindarkan anak-anak dari aplikasi atau game yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Menyambung langkah tersebut, Google kini mengumumkan sebuah program baru bagi para developer. Bertajuk “Designed for Families”, program ini akan mengumpulkan dan mempromosikan aplikasi maupun game di Google Play yang telah memenuhi kriteria tertentu, seperti yang tercantum pada laman supportGoogle Play.

Info menarik: Google Luncurkan Aplikasi YouTube Kids untuk Anak-Anak

Program ini bersifat tidak wajib. Artinya, jika seorang atau satu tim developer berkenan, mereka bisa mengumpulkan aplikasinya untuk dikaji lebih lanjut, hingga akhirnya mendapatkan label khusus “Designed for Families”. Sebaliknya, mereka juga punya hak untuk tidak ambil bagian dalam program tersebut.

Sederhananya ada dua syarat yang perlu dipenuhi para developer: 1) aplikasinya harus memiliki rating ESRB Everyone atau Everyone 10+, atau yang setara dengan itu, dan 2) cara penyajian iklannya tidak boleh sembarangan dan harus merujuk pada standar yang telah diberikan.

Harapannya, aplikasi atau game dengan label “Designed for Families” ini bisa lebih mudah ditemukan oleh para orang tua, yang dalam banyak kesempatan sangat perhatian soal kesesuaian konten dengan usia anak-anaknya.

Yang menarik, apabila ada aplikasi ‘nakal’ yang berhasil menembus sertifikasi “Designed for Families” tapi pada nyatanya tidak memenuhi kriteria, maka Google akan menghapus aplikasi tersebut dari Google Play secara keseluruhan, bukan dari kategori itu saja.

Sumber: Android Developers Blog dan Android Authority.