1. Startup

Program Inkubasi dan Mentorship Marak di Indonesia

Dalam beberapa bulan terakhir, kita banyak melihat program inkubasi dan mentorship untuk startup founders bermunculan di Indonesia. Ada program-program seperti Merah Putih Inc (Dailysocial terlibat disini), East Ventures Alpha, Jakarta Founders Institute, Project Eden, Telkomsel Bootcamp dan beberapa program lainnya yang serupa.

Program-program ini mulai bermunculan dari awal tahun 2011, dan dalam beberapa bulan terakhir sangat terlihat beberapa entitas bisnis yang ingin mencoba masuk ke industri yang sedang bertumbuh ini. Perusahaan teknologi, telco dan bahkan grup bisnis besar termasuk yang sedang mendorong program-program semacam ini, yang pastinya berjalan sejajar dengan kepentingan bisnis mereka.

Tahun 2010 kemarin merupakan tahun dimana para investor berdatangan ke Indonesia, saya pun berkesempatan untuk bertemu dengan beberapa dari mereka yang ingin melihat-lihat, bertemu dengan entrepreneur, mencari kesempatan dimana mereka bisa berinvestasi di Indonesia. Kesimpulan: pasar sudah siap, namun para tech entrepreneur belum siap. Para investor ini tidak pernah kembali lagi ke Indonesia, mereka kecewa. Saya berkata pada mereka, bahwa saat ini Indonesia butuh lebih dari sekadar dana kapital, namun juga role-model, mentor yang bisa membimbing dan memberikan pengetahuan kepada para founder yang rata-rata masih berusia muda.

Jadi, tahun 2011 ini adalah tahun dimana startup Indonesia bisa belajar mengenai bisnis teknologi melampaui batas programming dan isu teknikal lainnya, namun juga untuk menjalankan perusahaan berbasis teknologi secara utuh dari berbagai sudut seperti: infrastruktur, manajemen dan juga bisnis.

Kalau Anda berpikir bahwa saar ini kita memiliki banyak program inkubasi/mentorship, bersiaplah karena masih ada yang akan datang dan siap membantu para founder startup di Indonesia. Dari sisi entrepreneur, program ini bisa memberikan pengetahuan, koneksi dan mungkin juga dana kapital. Sedangkan bagi investor, model ini memiliki lebih sedikit resiko dan tentunya berinvestasi di perusahaan yang masih muda sehingga valuasinya belum setinggi langit.

It's a Win-win. Really.

[gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again