Categories

Internet

Program YouTube NextUp Bermisi Cetak 360 Selebriti Internet Baru

YouTuber yang terpilih akan menerima dukungan finansial dan pelatihan intensif untuk mengembangkan karyanya

Glenn Kaonang - 24 February 2016

Melihat kesuksesan tokoh internet kondang PewDiePie membuat sebagian besar dari kita mengimpikan profesi sebagai seorang YouTuber profesional. YouTube sendiri sadar akan besarnya peluang karir yang bisa disediakan oleh layanannya. Maka dari itu, sejak tahun 2011 mereka sudah punya inisatif bernama YouTube NextUp.

NextUp pada dasarnya merupakan sebuah program dimana YouTube akan memilih deretan pembuat video potensial untuk digembleng menjadi lebih matang lagi. Sejak program ini berjalan pada tahun 2011, total sudah ada 250 'alumni' dari 15 negara yang masing-masing kini sudah menjadi bintang di YouTube, macam ASAPScience atau Ingrid Nilsen.

Untuk NextUp tahun ini, YouTube bakal membuka kesempatan bagi lebih banyak pemilik channel, tepatnya 360 peserta yang beruntung. Tentu saja ada sejumlah prasyarat yang harus dipenuhi jika mau terpilih. Utamanya adalah jumlah subscriber harus berada di kisaran 10.000 sampai 100.000.

Mereka yang terpilih akan menerima voucher senilai $2.500 untuk berbelanja peralatan produksi yang dibutuhkan. Tak hanya itu, mereka juga bakal diundang dalam event Creator Camp yang berlangsung selama satu minggu di YouTube Space yang tersebar di berbagai negara, seperti salah satunya yang sempat dikunjungi oleh tim DS di Tokyo, Jepang.

Salah satu fasilitas studio di YouTube Space Tokyo

 

Di sana mereka akan menerima pelatihan dari berbagai ahli, termasuk halnya para alumni YouTube NextUp sebelumnya. Mereka akan dibimbing untuk menguasai teknik pencahayaan, mixing audio, sampai pelatihan untuk membangun brand dan strategi menggaet lebih banyak penonton.

Sayang sekali YouTuber tanah air yang tertarik belum bisa mengikuti program ini. NextUp hanya akan menerima pemilik channel yang berasal dari Amerika Serikat, Inggris Raya, Jepang, Brazil, Perancis, Jerman, Kanada dan India – karena baru di negara-negara itu saja markas YouTube Space berada.

Semoga ke depannya YouTube bisa melihat antusiasme YouTuber tanah air yang terus bertumbuh dan memutuskan untuk membangun YouTube Space di sini, supaya pada akhirnya program NextUp juga bisa mencetak lebih banyak lagi sosok-sosok kreatif di Indonesia.

Sumber: YouTube Creator Blog via TheNextWeb.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter