7 January 2013

by wiku

Project Shield, Handheld Gaming dari Nvidia

Pada perhelatan CES tahun ini, Nvidia mengumumkan berberapa hal, salah satunya adalah perangkat game bernama Project Shield.ย Perangkat game ini akan dilengkapi dengan prosesor tebaru dari Nvidia, Tegra 4.

Tegra 4 sendiri diumumkan terlebih dulu pada acara yang sama, prosesor terbaru ini diklaim merupakan prosesor mobile tercepat di dunia yang diperuntukkan bagi smartphone, tablet dan notebook.

Project Shield atau Shield ini dikatakan akan mampu memainkan permainan kelas console sambil tetap memberikan kemudahaan dari perangkat mobile. Handheld ini akan dilengkapi layar 5 inci, 720p multitouch dengan 294ppi pixel, memiliki slot microSD serta beterai 33Wh untuk 10 jam bermain game atau 24 jam memutar video HD.

Dengan sistem operasi Android (Jelly Bean), Project Shield juga bisa mengakses aplikasi dari Google Play Store termasuk berbagai game yang ada di toko aplikasi milik Google ini. Handheld untuk gaming ini akan memiliki dua kontrol stick, D-pad dan 4 tombol aksi dan built-in speaker, TheVerge mengatakan mirip dengan controller Xbox 360.

Project Shield juga bisa terkoneksi dengan PC rumahan untuk memainkan game yang ada di PC di handheld, juga bisa mengakses berbagai permainan melalui Steam. Dalam demonya di CES, CEO Nvidia memanginkan Assassin's Creed III via Steam dengan perangkat game ini. Untuk streaming game dari PC, ada beberapa kebutuhkan PC yang harus dipenuhi seperti prosesor i5 atau yang lebih baik, 4GB memori, Windows 7 atau 8, GeFroce Drivers dan router 802.11/a/g/n.

Project Shield akan dirilis pada pada kuartal kedua tahun ini dan akan tersedia untuk pertama kali di US dan Kanada sebelum tersedia di negara lain. Untuk lebih lengkap Anda bisa membaca ulasan di TheVerge 1,2ย atau menuju situs Project Shield langsung.