Di Indonesia, sektor e-commerce mulai mendapatkan tempat di masyarakat. Kebiasaan berbelanja online lama kelamaan menjadi budaya dan menyatu sebagai keseharian masyarakat. Sukses industri e-commerce diharap juga melebar ke niche atau segmen lainindustri tersebut. Subsegmen yang mencoba untuk bertumbuh adalah bisnis e-commerce khusus kesehatan. ProSehat, salah satu pemain e-commerce yang fokus pada penyedia alat dan item-item kesehatan, adalah satu yang mencoba peruntungannya. Sejauh ini edukasi dan “memasyarakatkan” e-commerce kesehatan menjadi tantangan tersendiri.

CEO ProSehat dr. Gregorius Bimantoro kepada DailySocial bercerita bahwa sektor kesehatan masih banyak tantangan edukasi di berbagai stakeholder di bidang terkait, mencakup beragam bidang profesi, institusi pelayanan, pendidikan, sampai regulasi.

“Kompleksitas masing-masing peraturan yang pada dasarnya berupaya menjamin keamanan konsumen perlu dipahami dan dilihat kembali dengan perspektif yang positif untuk maju,” terang dr. Bimo.

Menghadapi ekosistem yang terus diupayakan tumbuh dan persaingan yang semakin banyak, ProSehat melihatnya dari sudut pandang lain. Menurut Bimo salah satu core value tim ProSehat adalah kolaborasi. Dengan melihat tumbuhnya ekosistem kesehatan digital, tim ProSehat justru melihat peluang jika ada solusi-solusi lain yang bisa bekerja sama karena beragam inovasi sedang tumbuh subur sehingga bisa saling melengkapi. Khusus untuk persaingan, dr. Bimo memandang hal tersebut sebagai hal positif yang bisa mendorong ProSehat untuk semakin baik dan inovatif dalam membantu masyarakat hidup sehat.

“Banyak kerja sama yang sedang dilakukan oleh ProSehat dengan beragam komunitas sadar kesehatan dan juga profesi kesehatan yang terkait. Kami hendak memberikan kemudahan sarana digital ini bukan hanya kepada konsumen saja melainkan kepada tenaga kesehatan,” terang dr. Bimo.

Saat ini ProSehat disebutkan tengah fokus pada kemudahan pengguna, mulai dari akses bantuan aplikasi, Tanya Dokter, dan beberapa perbaikan di user experience dengan mengumpulkan informasi umpan balik dari pengguna.

“Pengguna ProSehat terus tumbuh dengan positif melalui penawaran yang mendukung hidup sehat. Tentunya kami akan mengutamakan kepuasan pengguna dan kerja sama yang semakin luas untuk memperkenalkan gaya hidup sehat digital. […] Kami akan menyediakan kemudahan mobile app bukan hanya kepada konsumen, melainkan profesi kesehatan terkait. Dan tahun ini total nilai transaksi ditargetkan akan berkembang 8x dibandingkan dari tahun 2016,” tutup dr. Bimo.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.