1. Lifestyle

Proses Akuisisi Berjalan Mulus, Twitch Resmi Jadi Milik Amazon

Tak menunggu waktu lama setelah kabar akuisisi Twitch oleh Amazon mencuat Agustus lalu, hari ini Ubergizmo via Joystiq mengkonfirmasi bahwa Amazon resmi menjadi pemilik baru layanan video streaming game tersebut.

Hanya butuh waktu satu bulan bagi Amazon untuk memperoleh lampu hijau dari United States Securities and Exchange Commission guna menyelesaikan proses akuisisi Twitch yang besaran nilainya mencapai kurang lebih US$ 970 juta, dibayarkan dalam rupa cash bukan dalam bentuk saham

Saat Twitch diisukan segera diakuisisi, sempat muncul nama raksasa internet Google yang kabarnya berminat jadi pemilik baru layanan video streaming khusus gaming tersebut, sebelum akhirnya pihak Twitch menganulir dan memastikan Amazon-lah yang mendekati mereka.

Berikut adalah penggalan ucapan terima kasih dari CEO Twitch, Emmett Shear, bulan Agustus lalu. “Dengan gembira saya umumkan bahwa kami [Twitch] sedang diakuisisi oleh Amazon.”

“Kami memilih Amazon karena mereka percaya dengan komunitas Twitch, kami dan mereka memiliki nilai-nilai serta visi jangka panjang serupa, dan Amazon ingin membantu kita untuk sampai di sana lebih cepat,” tutur Shear.

 

 

Info Menarik: GoPro Hadirkan Versi Baru, Seri Hero 4 Siap Hadir Bulan Oktober

 

 

Akuisisi yang dilakukan oleh Amazon dipandang sebagai keputusan dan kesepakatan yang sangat menguntungkan mengingat saat ini Twitch memiliki lebih banyak penonton ketimbang channel-channel ternama seperti CNN, E!, MSNBC, dan MTV. Uang yang dikeluarkan oleh Amazon sangat sepadan dengan prospek bisnis yang dimiliki oleh Twitch. Walaupun hingga kini belum jelas mau dibawa kemana anak emas barunya ini.

Apalagi di salah satu bagian ucapan terima kasih Shear waktu itu terdapat keterangan bahwa Twitch tidak akan berubah, kantor dan konsep layanan tetap sama seperti sebelumnya. Twitch memiliki kebebasan namun kali ini di bawah bendera Amazon, yang artinya Twitch mempunyai dukungan sumber daya modal yang lebih baik.

Namun di saat yang hampir bersamaan kita juga ketahui bahwa Amazon juga menelurkan perangkat baru set-top box Amazon Fire TV dipadu controller game wireless, ditujukan untuk menyajikan permainan berbasis Android ke ruang keluarga. Sehingga muncul rasa optimisme akan adanya skenario integrasi Twitch ke perangkat baru tersebut.

Ada satu pertanyaan yang tersisa dari saga akuisisi Twitch, yakni bagaimana mungkin Twitch dan tim di belakangnya menolak tawarakan Google yang konon lebih tinggi dibandingkan penawaran Amazon. Apa yang sebenarnya terjadi, atau kah selama ini sebenarnya tidak pernah ada tawaran dari raksasa internet tersebut? Atau Amazon punya rencana yang lebih keren untuk langkah akuisisi ini? Mari kita lihat perkembangannya. 

Sumber gambar header Phandroid.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again