16 January 2015

by Yoga Wisesa

Prosesor Quad-Core Berhasil Dibungkus Dalam Komputer Sebesar Dompet

Ungkapan 'ukuran tak lagi penting' memang pas diucapkan sekarang. Teknologi memungkinkan produsen memperkecil skala transistor, dan kini muncullah banyak produk PC murah berukuran mungil. Banyak produsen berduyun-duyun menyerbu pasar mini PC, tapi sebuah perusahaan mencoba mengingatkan kita bahkan mereka sejak dulu merupakan pionir di sana.

Mulai membuat produk computer-on-modules semenjak 1997, beberapa hari lalu CompuLabs mengungkap Fitlet. Fitlet ialah komputer kecil tanpa fan yang bisa digunakan untuk beragam kebutuhan. Dan dengan maraknya set-top box, ia akan sempurna sebagai device streaming di ruang keluarga. Namun bukan hanya itu saja kemampuannya, karena CompuLabs telah membenamkan rangkaian hardware serta konektivitas canggih.

Dibanding mini PC Fit-PC2 CompuLabs sebelumnya, Fitlet berukuran 30 persen lebih kecil di 108x83x24 milimeter dan volume cuma 0,22 liter, tapi performa serta kapasitas memorinya empat kali lebih besar. Terdapat tiga tipe Fitlet: Fitlet-B untuk kelas entry-level, Fitlet-i yang lebih bertenaga, dan juga Fitlet-X dengan desain modular. Tanpa fan/kipas, mini PC ini terdengar hening ketika dinyalakan.

Di kelas paling dasar, Fitlet-B, CompuLabs menambatkan chip dual-core AMD e1 Micro-6200T 64-bit berkecepatan 1,4GHz, kartu grafis AMD Radeon R2, mendukung DDR3 RAM hingga 8GB di soket SODIMM. Ia dilengkapi sepasang slot HDMI, sebuah Ethernet gigabit, sepasang port USB 3.0 dan tiga USB 2.0, slot micro SD, hingga mSATA. Cukup canggih bukan untuk PC sebesar dompet? Namun CompuLabs masih baru pemanasan.

 

Info menarik: Bukan Flash Drive, Intel Compute Stick Ialah PC Mungil Berbasis Windows

 

Primadona di seri Fitlet ialah Fitlet-i. Dengan ukuran sama, ia dipersenjatai system-on-chip AMD A4 Micro-6400T 64-bit berprosesor quad-core 1,6GHz. Spesifikasi lain hampir serupa, perbedaannya terletak pada kehadiran port Ethernet built-in kedua, ekspansi kartu mini-PCIe serta dukungan tombol power remote. Fitlet-X juga sama, dengan rancangan modular.

Selain tiga model Fitlet tersebut, CompuLabs menyatakan bahwa mereka akan menyiapkan versi Linux melalui brand MintBox Mini. Perlu diingat, Fitlet adalah PC barebone. Anda harus menginstal sistem operasi terlebih dulu, serta menyiapkan periferal dan display. Kedatangannya akan memeriahkan kompetisi mini PC yang diikuti baik oleh perusahaan ternama maupun brand-brand baru.

Dibanderol seharga mulai dari US$ 129 (buat tipe entry-level Fitlet-B), menurut Anda bagaimana peluang CompuLabs menghadapi Intel Compute Stick, HP Pavilion Mini, Odroid-C1 hingga 10moons D9i?

Sumber: Linux Gizmos.