Categories

Gadget

Tiga Kamera pada Smartphone Masih Kurang? Kenapa Tidak Sembilan Sekalian?

Ide ekstrem ini sedang coba direalisasikan oleh produsen kamera bernama Light, yang telah merancang prototipe fungsionalnya

Glenn Kaonang - 3 July 2018

Tidak bisa dipungkiri, salah satu fitur Huawei P20 Pro yang paling membuat mata terbelalak adalah tiga kamera di bagian belakangnya. Konfigurasi ini memunculkan kesan seakan smartphone berkamera ganda masih kurang bisa memenuhi hasrat fotografi konsumen. Lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya, apakah tiga sudah cukup?

Jawabannya bergantung kepada siapa Anda menanyakannya. Kalau yang Anda tanya adalah startup asal AS bernama Light, saya yakin mereka bakal menjawab kurang. Bagi yang tidak tahu, Light sempat mencuri perhatian tiga tahun lalu lewat produk bernama Light L16, yang sejatinya merupakan 16 kamera dalam satu kemasan.

Sekarang, mereka sedang mencoba menerapkan ide ekstremnya ke ranah smartphone. Berdasarkan laporan Washington Post, Light telah merancang sejumlah prototipe fungsional smartphone yang mengemas antara lima sampai sembilan kamera di belakangnya, seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas.

Kamera Light L16 sebagai referensi / Light
Kamera Light L16 sebagai referensi / Light

Pada gambar tersebut, tampak konfigurasi 5x lensa wide-angle dan 4 lensa telephoto yang disusun melingkar. Light bilang bahwa tebal ponselnya hanya sedikit lebih tebal dibanding iPhone X, dan kombinasi banyak kamera tersebut bisa menghasilkan foto beresolusi 64 megapixel, dengan kualitas yang lebih baik pada kondisi minim cahaya dan efek depth yang memukau.

Light berharap smartphone multi-kamera ini bisa terealisasi tahun ini juga, dan fakta bahwa Foxconn merupakan salah satu investor Light semestinya bisa menjadi jaminan akan ambisi tersebut. Meski begitu, belum ada kejelasan apakah Light bakal menggarap smartphone-nya sendiri atau bekerja sama dengan pabrikan lain.

Harganya pun bisa dipastikan tidak murah. Sebagai referensi, kamera Light L16 sendiri dijual seharga $1.950. Kemungkinan besar ponsel dengan 9 kamera semacam ini juga akan dipasarkan dengan banderol di atas $1.000.

Read more

Sumber: The Washington Post via SlashGear.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id