1. Lifestyle

Prototipe Sony SmartEyeglass Attach Jadikan Kacamata Apapun Sepintar Google Glass

Google Glass memang keren, tapi juga mahal dan kontroversial. Di saat yang sama, cukup banyak yang tidak menyukai desainnya. Solusi yang ditawarkan Google adalah bekerjasama dengan merek-merek kacamata ternama untuk membuat Glass lebih stylish dan menawarkannya dalam berbagai variasi gaya.

Namun sejauh apa Google beserta nama-nama seperti Ray-Ban dan Oakley mampu memenuhi setiap selera konsumen yang tertarik dengan Glass? Prediksi kami, tidak banyak. Lalu muncullah Sony dengan solusi yang lebih efektif.

Di ajang CES 2015 kemarin, Sony memperkenalkan sebuah perangkat baru yang masih dalam wujud prototipe. Dinamai SmartEyeglass Attach, perangkat ini merupakan aksesori kacamata yang dapat dikaitkan ke kacamata apapun untuk menyulapnya menjadi sepintar Google Glass.

 

Informasi menarik: Google Glass Versi Baru Akan Lebih Bertenaga

 

SmartEyeglass Attach terdiri dari tiga bagian: modul display di depan, modul bodi di sebelah kanan dan modul baterai di sebelah kiri. Dimensinya tergolong ringkas, dengan bobot hanya 40 gram. Di dalam modul display-nya terdapat lensa OLED Microdisplay berwarna dengan ukuran 0,23 inci dan resolusi 640x400.

Modul bodinya sendiri merupakan rumah dari sejumlah komponen yang tertanam di PCB (printable circuit board), yakni prosesor ARM, chip Bluetooth dan Wi-Fi serta sejumlah sensor. Pasokan daya disediakan oleh modul baterai dengan daya 400mAh.

Saat digunakan, pengguna dapat melihat display kecil yang memuat sejumlah informasi di pandangannya, mirip seperti cara kerja Google Glass. Misalnya, saat kita sedang bermain golf, SmartEyeglass Attach akan menampilkan informasi yang relevan, seperti denah lapangan dan jarak bola ke lubang, tanpa terlalu mengganggu pandangan.

 

Informasi menarik: Avegant dan Vuzix, Hadirkan Perangkat ‘Media Goggles’ Menyerupai Kacamata VR

 

Lalu apa yang menjadikannya lebih istimewa daripada Google Glass? Yang pertama adalah, seperti yang telah disebutkan tadi, kita bisa menggunakannya dengan kacamata apapun sesuai selera masing-masing. Yang kedua, kita bisa melepasnya dengan mudah dan masih mengenakan kacamata tersebut.

Sejauh ini belum ada informasi pasti yang bisa kami gali terkait kapan SmartEyeglass Attach akan memasuki tahap produksi. Sony baru mengumumkan kehadiran SDK (Software Development Kit) untuk perangkat ini di ajang CES 2015 kemarin agar para developer bisa mempelajari dan mulai mengembangkan aplikasi untuknya.

Sumber: Sony via Wareable.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again