Gadget

Tak Mau Kalah dari Optoma, BenQ Luncurkan Proyektor 4K Seharga $1.500

Terdengar sangat murah jika melihat proyektor 4K besutan Sony, meski keduanya tidak bisa dibandingkan secara langsung

Pada pertengahan tahun lalu, Optoma sempat merusak harga pasar proyektor 4K. Harganya memang masih di kisaran $2.000, tapi ini jauh lebih murah ketimbang proyektor 4K besutan Sony yang dihargai $30.000. Sekarang, BenQ tampaknya tidak mau ketinggalan di segmen proyektor 4K 'murah'.

Pabrikan asal Taiwan itu baru saja menyingkap BenQ TK800, penerus BenQ HT2550 yang dirilis menjelang akhir tahun lalu. Keduanya sama-sama menawarkan proyeksi 4K dan dukungan HDR, serta sama-sama dibanderol seharga $1.500.

Yang berbeda, TK800 mengemas spesifikasi yang sedikit lebih baik. Utamanya tingkat kecerahan mencapai 3.000 lumen, serta reproduksi warna yang diklaim lebih akurat. BenQ bilang bahwa hasil proyeksinya masih bisa kelihatan jelas dengan warna yang mencolok meski ditempatkan di ruangan yang cukup terang.

Sama seperti proyektor 4K Optoma, BenQ TK800 sebenarnya bukanlah proyektor 4K murni. Hardware di dalamnya hanya sanggup memproyeksikan resolusi 1080p, tapi berkat implementasi teknik XPR pixel-switching, yang tampak di mata adalah resolusi 3840 x 2160 pixel.

Keterbatasan ini perlu digarisbawahi, sebab kualitas gambarnya tak akan bisa menyaingi proyektor 4K besutan Sony yang seharga mobil itu, yang bisa menampilkan resolusi 4K secara native. Terlepas dari itu, hasil proyeksi BenQ TK800 bakal tetap kelihatan lebih tajam ketimbang proyektor full-HD pada umumnya.

Terkait konektivitas, TK800 mengemas sepasang port HDMI, port VGA, USB-A dan mini-USB, serta audio in dan audio out. Di Amerika Serikat, perangkat ini rencananya bakal dipasarkan secara resmi mulai bulan depan.

Sumber: The Verge dan BenQ.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again