Categories

Internet

Puali Janjikan Marketplace Jual Beli Yang Lebih Interaktif

DailySocial - 1 November 2014

Tumbuh suburnya pemain marketplace di Indonesia, nampaknya dijadikan motivasi bagi pihak lain untuk mengembangkan situs marketplace serupa guna mengakomodir kebutuhan para pelanggan yang berbeda-beda. Salah satu pemain baru ini ialah Puali.

Bermain di segmen C2C (consumer to consumer), Puali memulai langkahnya dengan langsung menyajikan 14 kategori penjualan yang bisa dimanfaatkan para pengguna mereka. Bergerak cepat untuk menyusul para kompetitor, Puali menyediakan aplikasi mobile bagi para pengguna untuk mengakses layanan mereka yang tersedia di dua platform, yaitu iOS dan Android.

Navigasi yang bersahabat di halaman utama Puali memudahkan para calon pembeli dan penjual baru yang ingin menggunakan layanan mereka. Dengan perpaduan warna biru dan jingga, situs Puali mungkin sedikit mengingatkan kita akan layanan Kaskus FJB yang menggunakan warnaserupa. Pada halaman utamanya, pengguna disuguhkan seluruh iklan terbaru dari seluruh kategori yang nantinya dapat disortir berdasarkan, kategori, harga, judul, dan lain sebagainya. Mungkin ada baiknya jika pengguna juga diberi informasi dari kategori penjualan yang paling banyak menarik minat para pembeli.

Salah satu hal yang baru ialah penambahan sedikit konsep sosial di situs Puali. Para member dapat saling mengikuti atau diikuti. Layaknya media sosial Twitter, jumlah follower suatu member dapat menjadi parameter kepercayaan dari para member lain, selain tag verified member. Member dapat melihat segala aktivitas dari member lain yang mereka ikuti, contohnya pembuatan iklan baru atau penambahan foto terkini.

Seperti marketplace pada umumnya, menobatkan member sebagai verified useradalah hal yang esensial guna mencegah terjadinya tindak penipuan yang mana akan merugikan tidak hanya pembeli, tetapi nama baik penyedia marketplace itu sendiri. Puali harus memiliki standar yang baik untuk memberikan verifikasi terhadap para penjualnya.

Sejauh pemantauan kami, hampir tidak terlihat perbedaan Puali ketimbang  marketplace C2C lainnya. Janji pelayanan gratis merupakan hal umum di layanan seperti ini. Klaim komitem untuk kecepatan dan kemudahan pencarian barang juga tidak lebih baik ketimbang kompetitornya.

Belum ada informasi mendetil bagaimana Puali menjalankan model bisnis mereka. Tidak terlihat satu pun banner iklan yang terlihat di situs Puali. Sejauh ini situs mereka terlihat rapi dan bersih. Hal ini adalah aspek yang baik untuk strategi user acquisition di awal perintisannya.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Michael Erlangga. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id