Categories

Opini

Public Blog Kompasiana

rama - 24 November 2008

Sejak dirilis dalam versi beta, Kompasiana memang sudah mengundang banyak reaksi positif dan negatif dari kalangan blogger. Banyak yang menilai Kompasiana tak lebih dari tulisan digital biasa, dan tidak bisa disebut blog hanya karena menggunakan WordPress. Hal ini disebabkan tidak semua orang bisa menulis di Kompasiana, hanya jurnalis-jurnalis yang terpilih yang diundang oleh Kompas untuk menulis di Kompasiana. Dan yang paling parah adalah beredarnya rumor bahwa Kompasiana meng-edit sebagian komentar dari pembacanya.

Terlepas dari semua itu, sekarang anda BISA menulis di Kompasiana. Bukan sebagai “penulis”, melainkan sebagai Public Opinion. Ya, Kompasiana membuka diri terhadap opini publik dan membuka Public Opinion menjadi salah satu bagian dari Blog Kompasiana. Semua orang cukup mendaftarkan diri, dan kemudian bisa menulis di Kompasiana, dan menjadi bagian dari Kompasiana. Promosi yang dilakukan Kompas sendiri cukup gencar, antara lain dengan membuka stand di Pesta Blogger 2008, dan bersama Budi Putra (salah seorang jurnalis Kompasiana) membawakan breakout session mengenai Etika Blog.

Saya sendiri ingin sekali bertanya kepada perwakilan Kompasiana mengenai isu edit komentar ini pada Pesta Blogger kemarin, namun karena banyak sekali yang bertanya jadi saya tidak dapat waktu untuk mengajukannya. Semoga nantinya Kompasiana makin membuka diri, karena jujur saja langkah Kompas ini seperti setengah hati dan kurang efektif untuk menjangkau para blogger.


Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter