Cryptocurrency tampaknya menjadi salah satu tema populer untuk pengembangan bisnis startup. Nilai Bitcoin yang terus naik menjadi daya pikat dan peluang tersendiri yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh startup. Pundi X, salah satu startup yang berkecimpung di sektor blockchain dan cryptocurrency baru-baru ini telah meluncurkan layanan Pundi X POS.

Pundi X POS (Point on Sales) merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna membeli atau menjual cryptocurrency di merchant-merchant terdaftar. Sekaligus memberikan kesempatan bagi pengguna menggunakan cryptocurrency yang mereka miliki untuk membeli barang-barang di merchant tersebut.

Layanan Pundi X POS ini bekerja dengan satu set perangkat lengkap. Alat yang nantinya terpasang di merchant termasuk X Pass Smart Card yang digunakan pengguna dan beberapa layanan pendukung seperti Bitcoin Wallet Apps yang nantinya menampung nilai yang dimiliki pengguna. Dengan diluncurkannya Pundi X POS ini diharapkan pengguna bisa dengan mudah melakukan transaksi cryptocurrency dan membeli barang-barang yang ada di merchant.

Pundi X POS

“Target pengguna kami adalah semua orang yang menyambut dan mengerti cryptocurrency. Jika Anda bertanya mengenai target merchant, kami akan mengatakan bahwa kami akan memfasilitasi berbagai macam merchant dengan Pundi X POS di mana orang dapat membeli atau menjual cyrpto dari para merchant tersebut,” ujar CEO Pundi X Zac Cheah.

Tantangan terbesar Pundi X POS ini adalah memasyarakatkan cryptocurrency kepada masyarakat awam. Diakui Zac, saat ini masih sedikit masyarakat yang tidak memiliki cryptocurrency. Zac sendiri berambisi untuk memudahkan masyarakat membeli, menjual dan memiliki cryptocurrency.

“Kami ingin mengubahnya (jumlah kepemilikan cryptocurrency) dengan memudahkan proses membeli dan memiliki cryptocurrency semudah membeli air mineral di toko. Langkah pertama untuk adopsi yang lebih banyak adalah, kami akan membuat banyak kampanye di dunia dan di seluruh dunia untuk mengedukasi masyarakat mengenai bagaimana mudahnya memiliki Bitcoin dan cryptocurrency,” papar Zac.

Lebih lanjut Zac juga menjelaskan pihaknya akan menghabiskan tiga tahun ke depan untuk membangun jangkauan ke pusat perbelanjaan, pedagang retail, outlet, kafe, restoran dan toko-toko lainnya. Tujuannya untuk memudahkan pengguna menggunakan cryptocurrency mereka di merchant terdekat.

Selanjutnya, Indonesia akan menjadi pasar utama. Setelahnya mungkin Pundi X POS akan segera berekspansi ke Thailand, Malaysia, dan beberapa pasar Asia tenggara lainnya. Pundi X juga berencana masuk ke pasar global dengan mengimplementasikan model agen partnership.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.