1. Lifestyle

Purwarupa Steam Machines Baru, Kali Ini Garapan iBuyPower

Seperti janji yang telah dilontarkan Valve di awal pengumuman Steam Machines mereka, platform game berbasis hardware PC dan sistem operasi Linux ini tidak dibuat oleh sejumlah pengembang eksklusif. Dan salah satu pengembangnya, iBuyPower, baru-baru ini memamerkan prototype Steam Machines mereka, dan menurut saya, desain ini jauh lebih keren dibanding model reference Valve sendiri.

iBuyPower sendiri terkenal dengan model-model casing custom yang apik, dan Steam Machines 'box' mereka tidak kalah menarik. Dari balutan material putihnya, banyak orang menyangka ia adalah edisi terbatas PlayStation 4, tapi tentu saja bukan: ada logo Steam di bagian atas dan terdapat lampu LED yang tampak 'membagi' perangkat ini secara horisontal (vertikal, jika Anda menaruhnya secara berdiri). Lampu ini, sepertinya, bisa dikustomisasi dan Anda bisa mengubah-ubah warnanya.

Salah satu hal terunik adalah pemilihan nama yang nanti akan diusung Steam Machines dari iBuyPower ini. Ia disajikan dengan dua model ber-codename Gordon dan Freeman. Gordon Freeman adalah protagonis 'bisu' paling legendaris di dunia game, ia memulai debut petualangannya di Half-Life yang dirilis 19 November 15 tahun yang lalu. Gordon Freeman juga 'kebetulan' adalah karakter paling ikonik yang dibuat oleh para pencipta Steam.

Sejauh ini, iBuyPower belum mengumumkan hardware dan fitur apa saja yang dijejalkan di dalam kedua produk Steam Machines garapan mereka. Tapi perusahaan ini mengkonfirmasi bahwa baik Gordon dan Freeman dapat menjalankan game-game di Steam dengan resolusi 1080p di 60 frame-rate per detik. Itu berarti ia dirancang dengan perangkat keras yang cukup canggih, apalagi Steam Machines sendiri diharapkan juga mendukung resolusi 4K. Kita hanya bisa berharap bahwa siapapun produsennya nanti, ia tidak akan dibanderol dengan harga terlalu mahal. Jika terlalu mahal, bagaimana ia bisa bersaing dengan next-gen console yang telah lebih dulu dirilis?

Rencananya iBuyPower Gordon dan Freeman yang dipamerkan ini adalah versi komersial, jadi penampilannya tidak akan banyak berubah saat mereka dirilis nanti. Dan tanggal peluncurannya akan sama saat Valve memberikan lampu hijau untuk perilisan Steam Machines, yaitu tahun 2014.

Mungkin kita akan mendapatkan informasi lebih komprehensif saat Consumer Electronics Show 2014 berlangsung tanggal 7 hingga 10 Januari tahun depan. Dan mungkin saat mereka diumumkan, perusahaan-perusahaan lain - bahkan Valve sendiri - telah mengumumkan Steam Machines-nya masing-masing.

Sumber artikel dan gambar: Engadget.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again