Categories

Gadget

Qualcomm Ungkap 3D Sonic Max, Generasi Baru dari Sensor Sidik Jari Berteknologi Ultrasoniknya

Ukuran penampangnya sangat luas, cukup untuk membaca dua jari sekaligus

Glenn Kaonang - 4 December 2019

Bersamaan dengan pengumuman Snapdragon 865 dan 765, Qualcomm turut menyingkap generasi terbaru dari sensor sidik jari di balik layarnya. Dijuluki 3D Sonic Max, ia meneruskan jejak sensor berteknologi ultrasonik yang Qualcomm rilis tahun lalu, yang sejauh ini bisa kita jumpai pada seri Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Note 10.

Kata “Max” pada namanya merujuk pada sejumlah atribut. Yang pertama adalah ukuran fisik penampang sensor yang lebih besar; 20 mm x 30 mm, sekitar 17 kali lebih luas dibanding dimensi pendahulunya yang hanya 4 mm x 9 mm. Begitu luasnya permukaan sensor ini, ia dapat membaca dua jari sekaligus, dan ini jelas berdampak langsung pada peningkatan keamanan – atribut kedua yang dirujuk oleh namanya.

Keamanan merupakan aspek yang amat krusial dalam konteks sensor sidik jari, apalagi mengingat sebelum ini sensor generasi pertama Qualcomm sempat dikibuli menggunakan trik yang tergolong mudah. 3D Sonic Max dengan dimensi yang lebih besar diyakini dapat menekan peluang munculnya trik-trik seperti ini lagi, sebab bagian jari yang terbaca otomatis jadi lebih banyak.

Qualcomm 3D Sonic Max
Tebal sensornya hanya berkisar 0,15 mm / Qualcomm

Atribut yang ketiga adalah kemudahan. Penampang sensor yang lebih besar berarti pengguna tidak harus meletakkan jarinya persis di atas area sensor seperti sebelumnya. Lebih lanjut, proses setup awalnya juga dapat disederhanakan. Kalau sebelumnya jari harus diletakkan dan diangkat berkali-kali, sekarang pengguna hanya perlu meletakkan satu kali, dan seluruh permukaannya bisa langsung terekam.

Satu hal yang tidak banyak berubah adalah kecepatannya dalam membaca sidik jari. Kepada CNET, perwakilan Qualcomm bilang bahwa semuanya bergantung pada bagaimana pengguna memosisikan jarinya selagi dalam proses setup awal. Kalau benar-benar pas, kinerja 3D Sonic Max dapat sedikit dipercepat.

Lalu kapan kita bisa berjumpa dengan perangkat yang mengemas sensor ini? Paling cepat mulai tahun depan, dan salah satu kandidat kuatnya adalah penerus Galaxy S10 beserta Note 10, dengan catatan Samsung tidak mengikuti jejak Google yang sepenuhnya melupakan eksistensi sensor sidik jari pada Pixel 4.

Sumber: 1, 2, 3.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter