Categories

Gadget

Qualcomm Berikan Kemampuan 5G pada Chipset Entry Level Snapdragon 480

Kita bisa berharap smartphone murah yang akan datang memiliki kemampuan 5G

Dimas Galih W. - 5 January 2021

Selama ini, perangkat yang memiliki kemampuan untuk terkoneksi dengan jaringan 5G masih pada kelas-kelas premium dan mainstream. Hal tersebut dikarenakan cip seperti Snapdragon 865 dan 765 sudah memiliki modem 5G. Hal tersebut tentu saja belum bisa dirasakan oleh para pengguna yang hanya mampu membeli perangkat entry level. Namun, Qualcomm sepertinya sudah memperhitungkan masalah tersebut.

Qualcomm baru sama memperbarui jajaran chipset seri 400 mereka. Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 480 yang dilengkapi dengan kemampuan untuk terkoneksi pada jaringan 5G yang akan datang. Chipset ini dibangun pada proses pabrikasi 8nm yang sudah terpasang modem Snapdragon X51 5G yang terintegrasi dengan dukungan untuk jaringan mmWave dan Sub-6 GHz mode Standalone (SA) and Non-standalone (NSA); Time Division Duplexing (TDD), Frequency Division Duplexing (FDD), dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

“Qualcomm Technologies terus mempercepat komersialisasi 5G secara global untuk menjadikan smartphone 5G lebih mudah diakses, terutama saat seluruh orang di dunia terus terhubung dari jarak jauh,” sebut Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc. “Snapdragon 480 5G Mobile Platform akan terus melampaui ekspektasi OEM serta konsumen dalam menghadirkan fitur kelas atas dan menengah dengan harga yang terjangkau.”

Snapdragon 480 5G Mobile Platform - Logo - Indoors

Snapdragon 480 juga menawarkan antena WiFi 2×2 dan mampu terkoneksi dengan jaringan WiFi 6. Selain itu, smartphone dengan kelas mainstream ke bawah juga bakal memiliki Bluetooth 5.1 yang bisa terkoneksi dengan kebanyakan perangkat audio nirkabel yang ada saat ini. Selain itu, SD 480 juga memiliki GPS Dual-frequency dan NavIC untuk menentukan lokasi dengan lebih akurat.

Pada sisi kinerja, Snapdragon 480 ternyata sudah mengadopsi CPU Cortex A76 yang kencang pada Kryo 460 Gold-nya. Pada sisi cluster hemat daya, diisi oleh Kryo 460 Silver. Berikut adalah spesifikasi dari Snapdragon 480

CPU2x Kryo 460 Gold (Cortex A76) 2 GHz

6x Kryo 460 Silver (Cortex A55) 1,8 GHz

GPUAdreno 619
ModemSnapdragon X51 5G
KonektivitasmmWave + Sub-6 Ghz; Wi-Fi 6; Bluetooth 5.1
RAM2x 16-bit @ 2133MHz LPDDR4x
ISPSpectra 345 hingga 64 MP
DSPHexagon 686

Jika dilihat, Snapdragon 480 bisa menggunakan kamera hingga resolusi 64 MP dengan Spectra 345. Hal ini tentu saja bakal membuat perangkat-perangkat dengan harga murah mampu mengambil gambar dengan resolusi tinggi dengan metode quad bayer. ISP yang satu ini juga mampu menangkap gambar dari tiga kamera secara bersamaan. Selain itu, SD 480 juga mampu menangkap tidak video dengan resolusi 720p secara bersamaan.

Saat ini, smartphone gaming sudah dilengkapi dengan layar yang memiliki refresh rate tinggi. Snapdragon 480 juga mampu memberikan tampilan dengan refresh rate 120Hz pada resolusi FHD+. Jadi, kita bisa berharap bahwa tahun 2021 merupakan awal dari smartphone dengan harga rendah yang memiliki layar yang lebih baik.

Qualcomm Snapdragon 480 tentunya bakal menarik pada saat dibenamkan pada smartphone dengan harga yang terjangkau. Kabarnya, para produsen smartphone seperti vivo, Oppo, Xiaomi, Motorola, dan Nokia akan mengeluarkan perangkat dengan Snapdragon 480 ini pada kuartal pertama tahun 2021. Tentunya, kita juga berharap bahwa dengan hadirnya perangkat 5G dengan harga yang terjangkau membuat pemerintah bisa mempercepat hadirnya jaringan tersebut di Indonesia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter