Qualcomm Ciptakan Chip Bluetooth Khusus untuk True Wireless Earphone

Qualcomm Ciptakan Chip Bluetooth Khusus untuk True Wireless Earphone

Mengemas teknologi yang diyakini mampu mengoptimalkan konsumsi baterai sekaligus kinerja perangkat secara menyeluruh
True wireless earphone Bragi Dash Pro / Bragi
True wireless earphone Bragi Dash Pro / Bragi

Qualcomm punya chip untuk berbagai macam perangkat. Ada Snapdragon untuk smartphone, Snapdragon Wear untuk smartwatch, dan di ajang CES kemarin, mereka memperkenalkan chip Bluetooth yang secara spesifik dirancang untuk true wireless earphone maupun perangkat lain yang masuk dalam kategori hearable.

Chip bernama QCC5100 ini pada dasarnya menjanjikan konsumsi energi yang jauh lebih irit (hingga 65%) bagi perangkat-perangkat tersebut, baik untuk memutar musik atau melakukan panggilan telepon. Rahasianya terletak pada teknologi TrueWireless Stereo, di mana perangkat yang mengemas chip ini bisa mengatur sendiri mana earpiece yang memiliki peran primer dan mana yang sekunder.

Peran primer maksudnya adalah, unit earpiece tersebut menyambung langsung ke sumber musik (smartphone), menerima data dan menyalurkannya ke unit earpiece yang lain yang mengusung peran sekunder. Penggantian secara otomatis ini dipercaya dapat menyeimbangkan konsumsi energi, sehingga pada akhirnya daya tahan baterai perangkat bisa lebih awet.

Qualcomm TrueWireless Stereo

Di samping itu, ada pula mode tambahan bernama TrueWireless Stereo Plus, di mana masing-masing earpiece akan menyambung secara langsung ke smartphone tanpa perantara. Hasilnya, proses pairing bisa lebih simpel, dan latency beserta potensi delay pun bisa ditekan sampai ke titik yang sangat minimal.

TrueWireless Stereo punya potensi untuk memperbaiki masalah-masalah yang selama ini melanda true wireless earphone, terkecuali AirPods yang menggunakan chip buatan Apple sendiri. Menurut Qualcomm, perangkat yang menggunakan chip QCC5100 dan mengemas teknologi TrueWireless Stereo bakal hadir di pasaran pada babak kedua tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama, Qualcomm juga mengumumkan fitur bernama Broadcast Audio yang terdapat pada chipset Snapdragon 845. Fitur ini sejatinya memungkinkan satu smartphone untuk menyambung ke beberapa headphone dan speaker Bluetooth sekaligus, dengan konten audio yang diputar secara sinkron di semua perangkat.

Sumber: Qualcomm.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…