Di samping kamera yang bening, komponen baterai menjadi salah satu pertimbangan paling penting saat membeli smartphone baru. Tapi dengan kapasitas yang semakin besar, perangkat juga membutuhkan teknologi yang mampu memasok daya dengan cepat. Maka hadirlah platform Quick Charge yang ditawarkan oleh Qualcomm, pabrikan ternama di balik chipset Snapdragon yang mengotaki jutaan perangkat pintar di dunia.

Quick Charge 4.0 pertama kali diperkenalkan ketika Qualcomm mengumumkan kehadiran Snapdragon 835 tahun lalu. Sayang, kendati beberapa perangkat sudah mengadopsi Snapdragon 835, tapi hanya sedikit sekali yang sudah dibekali Quick Charge 4.0. Tapi itu tak menghentikan Qualcomm untuk menghadirkan generasi barunya, Quick Charge 4+.

Seperti namanya, Quick Charge 4+ merupakan versi update dari Quick Charge 4.0. Versi ini mempunyai segala hal yang bisa Anda jumpai di versi 4.0, tapi dengan 3 fitur unggulan.

Dual Charge

Fitur ini sejatinya sudah ada di versi sebelumnya, tapi di versi 4+ diklaim lebih powerful. Dual Charge mempunyai IC manajemen daya kedua di dalam perangkat. Teknologi ini memisahkan pengisian terkini dan memangkas waktu pengisian.

Intelligent Thermal Balancing

Berikutnya, teknologi Intelligent Thermal Balancing kreasi Qualcomm yang ditujukan untuk mengeliminasi titik panas untuk mengoptimalkan penyaluran daya.

Advanced Safety Features

Terakhir adalah fitur Advanced Safety Features yang secara teknis merupakan protokol keamanan berlapis yang ditujukan untuk perlindungan dari beberapa ancaman, seperti panas berlebih, korsleting dan kerusakan konektor USB.

quick_charge_blog_inline_resized

Di samping perubahan di atas, Quick Charge 4+ juga mempunyai kapabilitas untuk mengisi ulang baterai 15% lebih cepat dan 30% lebih efisien ketimbang Quick Charge 4. Qualcomm mengatakan bahwa aksesoris seperti adapter, pengisi daya mobil, dan powerbank bisa mendukung Quick Charge 4+.

Perangkat smartphone pertama yang bakal mengadopsi Quick Charge 4+ adalah Nubia Z17 yang diumumkan pekan lalu. Smartphone ini membawa chipset Snapdragon 835, RAM 8GB dan memori penyimpanan 128GB.

Sumber berita Qualcomm.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.