Di acara tahunan Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017 yang digelar di Maui, Hawai, Amerika Serikat pada 5-7 Desember lalu, Qualcomm resmi mengumumkan chipset Snapdragon 845 Mobile Platform.

Qualcomm Indonesia pun mengundang DailySocial (14/12/17) untuk datang ke kantornya terkait perkenalan Snapdragon 845 di Tanah Air yang sekaligus dalam rangka perayaan ulang tahun Qualcomm Snapdragon yang ke-10.

Meski detail spesifikasi Snapdragon 845 telah terungkap, Qualcomm Indonesia ingin menjelaskan lebih dalam lagi. Sebagai platform yang lebih cepat, cerdas, dan aman, setidaknya ada lima pilar utama yang menjadi fokus Qualcomm, yaitu Immersion, Artificial Intelligence (AI), Security, Connectivity, dan Performance.

Immersion

Teknologi ini berkaitan dengan kamera, Snapdragon 845 dibekali dengan arsitektur kamera Spectra 280 ISP yang menjanjikan kemampuan fotografi lebih baik, misalnya merekam video Ultra HD (4K) Premium dengan kualitas sinematik, sebelumnya hanya bisa memutarnya saja. Kemudian memperkaya kualitas warna dari foto, termasuk kedalaman warna (color depth), spektrum warna (color gamut), hingga pencahayaan (luminance).


Spectra 280 juga menyuguhkan hal baru dalam fotografi, seperti Multiframe Noise Reduction, ImMotion, dan Motion Compensated Temporal Filtering. Cara kerja Multiframe Noise Reduction adalah saat kita menyentuh tombol rana kamera, sistem akan mengambil banyak foto (60fps), lalu dikomparasi, dipilah yang noise-nya sedikit, dan disatukan menjadi sebuah foto tanpa noise.

Kemudian ImMotion, yang memungkinkan kita menciptakan foto dengan objek yamg bergerak di dalamnya. Sedangkan Motion Compensated Temporal Filtering (MCTF) dan Accelerated Image Stabilization (AIS) ini untuk filtering video, sehingga detail rekaman video lebih bagus di kondisi temaram. Untuk Slo-Mo, bisa merekam video 720p HDR 10 @480fps, 1080p @240fps, dan 4K @60fps.


Salah satu bagian lain dari Immersion adalah Extended Reality (XR) yang merupakan gabungan dari Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Mixed Reality (MR). Qualcomm sadar betul bahwa pemanfataan dari teknologi tersebut sangat luas, tak cuma untuk sekedar enternainmen, tetapi juga dikembangkan untuk edukasi, kesehatan, militer, emergency response, dan lainnya.  XR di Snapdragon 845 lebih canggih, dengan fitur baru seperti Room-Scale 6DOF (sadar ruangan), Adreno Foveation, Iris Authentication, dan Hand-Tracking yang sangat mendukung aktivitas gaming.

Artificial Intelligence (AI)

Qualcomm menawarkan dukungan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman pengguna di berbagai elemen, misalnya menyempurnakan asisten virtual menggunakan suara, gaming, dan masa pakai baterai yang lebih lama. Hal ini dimungkinkan karena didukung 3 komponen utama yakni Hexagon 685 DSP, Adreno 630, dan CPU Kryo 385.

Dengan adanya peningkatan DSP ke Hexagon 685 yang mengambil daya sedikit, selain untuk keperluan AI juga untuk urusan tugas-tugas yang berhubungan dengan gambar. Di sektor ini, Qualcomm meningkatkan keterlibatan AI selama proses yang meningkatkan performa 3x lebih baik ketimbang seri Snapdragon 835.

Dengan Snapdragon 845 sebagian dari kemampuan AI ada di device, sehingga akan memberikan proses yang lebih cepat lagi. AI bisa berikan foto dengan efek bokeh dengan satu lensa.

Security 

Hampir semua informasi pribadi banyak tersimpan di dalam perangkat smartphone, keamanan pun menjadi fokus utama Qualcomm. Di sektor ini, Qualcomm mengandalkan empat buah senjata utama antara lain Qualcomm Secure Processing Unit (SPU), Qualcomm Processor Security, Qualcomm Mobile Security, dan Qualcomm Content Protection.

Secure Processing Unit itu sendiri beroperasi seperti ruang isolasi untuk menangani informasi sensitif. Secara umum memungkinkan pabrikan perangkat untuk menghadirkan sistem otentikasi biometrik yang lebih baik, lebih aman, dan akurat termasuk di dalamnya pengelolaan data vital aplikasi, dan informasi terenkripsi.

Connectivity

 

Snapdragon 845 menghadirkan modem baru X20 LTE yang merupakan modem Gigabit LTE generasi kedua dengan peningkatan performa sebesar 20%. Dengan LTE Cat 18 yang secara teori mampu menghasilkan kecepatan download 1.2Gbps dan kecepatan uplink hingga 150Mbps.

Di samping itu, Snapdragon 845 juga mendukung dual VoLTE dalam satu smartphone (ke dua slot SIM 4G). Dukungan Bluetooth 5 juga memungkinkan perangkat bisa terhubung ke lebih dari satu perangkat secara simultan.

Performance


Smartphone telah banyak membawa revolusi bagi kehidupan. Konsumen pun menuntut smartphone dengan kekuatan seperti PC di saku mereka, tapi juga sangat memerhatikan daya tahan baterainya. Dibangun dengan proses 10nm generasi kedua di mana Samsung sekali lagi terlibat di dalamnya, Snapdragon tidak hanya cepat tapi juga irit baterai.

Di atas kertas, Snapdragon 845 mempunyai delapan buah core,empat core Kryo 385 Gold (A75 derivative) menghasilkan kecepatan clock hingga 2.8GHz, atau lebih gahar 30% ketimbang seri terdahulu. Dan 4 core lain (Kryo 385 Silver) yang fokus pada efisiensi menghasilkan peningkatan performa sebesar 15%.

Kombinasi ini disebutkan memberikan masa pakai baterai yang lebih lama di samping peningkatan performa untuk tugas-tugas gaming dan juga pemangkasan durasi saat menjalankan aplikasi tertentu.

Qualcomm mengklaim bahwa, chipset terbarunya ini nantinya mampu menangkap video 4K Premium lebih dari 4 jam, penggunaan VR lebih dari 3 jam, dan dua hari pemakaian Ultra HD Voice.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.