7 December 2017

by Lukman Azis

Chipset untuk Smartphone High-end 2018, Snapdragon 845 Resmi Diumumkan

Sekali lagi, Snapdragon 845 merupakan hasil dari kolaborasi antara Qualcomm dan Samsung.

Qualcomm akhirnya resmi memperkenalkan chipset yang akan menghuni dapur pacu sebagian besar smartphone high-end dan mungkin beberapa PC Windows 10 pada tahun 2018, Snapdragon 845.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh SVP and General Manager Mobile Technologies Qualcomm, Alex Katouzian di ajang Snapdragon Tech Summit 2017 yang berlangsung di Maui, Hawaii, Amerika Serikat.

Sekali lagi, penerus Snapdragon 835 ini merupakan hasil dari kolaborasi antara Qualcomm dan Samsung. Snapragon 845 dirancang oleh Qualcomm selama 3 tahun dan diproduksi dengan fabrikasi 10nm oleh Samsung.

Alex Katouzian menerangkan, ada enam aspek utama yang menjadi keunggulan Snapdragon 845. Mulai dari peningkatan terkait imaging/video processing, teknologi AR dan VR, artificial intelligence (AI), aspek keamanan, modem Gigabit LTE, dan efisiensi konsumsi daya.

Sayangnya, chipmaker yang berkantor pusat di San Diego, California Amerika Serikat itu belum membeberkan lebih detail spesifikasi dari Snapdragon 845. Mereka bakal membahas lebih lanjut tentang chipset ini dalam sesi keynote lain.

Selain itu, sejumlah pabrikan ponsel pun telah dipastikan akan menyematkan chipset Snapdragon 845 ke dalam smartphone flagship mereka tahun depan. Sebut saja, Samsung dan Xiaomi.

Sumber berita Techcrunch dan gambar header Qualcomm.