9 September 2020

by Glenn Kaonang

Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 2 5G Janjikan Performa yang Lebih Baik daripada Prosesor Sekelas Milik Intel

Sampai 50% lebih kencang dibanding prosesor Core i5 yang sama-sama memiliki TDP 7 W

Hampir dua tahun sejak Snapdragon 8cx diperkenalkan, prosesor laptop tersebut akhirnya sudah punya penerus. Dalam acara IFA 2020 yang dihelat sepenuhnya secara online, Qualcomm resmi menyingkap Snapdragon 8cx Gen 2 5G yang membawa sejumlah pembaruan.

Pembaruannya boleh dibilang minor, tapi yang menarik adalah bagaimana Qualcomm tidak segan membandingkan 8cx Gen 2 dengan produk sekelas dari Intel ketimbang dengan pendahulunya sendiri. Jadi kalau dibandingkan dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-10 yang memiliki TDP 15 W, Qualcomm mengklaim 8cx Gen 2 mampu mencatatkan performa hingga 18% lebih kencang.

Lalu kalau dikomparasi dengan Core i5 yang menggunakan arsitektur Lakefield dengan TDP 7 W, performa 8cx Gen 2 malah bisa 50% lebih tinggi. Supaya performanya bisa konsisten, 8cx Gen 2 turut membawa dukungan terhadap storage UFS 3.0 maupun SSD tipe NVMe. Semua itu selagi menawarkan konsumsi daya yang lebih irit lagi dari sebelumnya, sampai 25 jam pemakaian secara terus-menerus kalau kata Qualcomm.

Acer Spin 7 jadi laptop pertama yang mengusung chipset Snapdragon 8cx Gen 2 / Acer

Dari segi fitur, 8cx Gen 2 datang membawa teknologi-teknologi seperti Qualcomm Aqstic maupun Qualcomm AI Engine. Aqstic pada dasarnya merupakan gabungan beberapa teknologi untuk mewujudkan kualitas audio yang lebih jernih pada saat video call, sedangkan AI Engine eksis untuk merealisasikan fitur-fitur berbasis AI macam fitur Eye Contact yang dimiliki Surface Pro X, lagi-lagi juga untuk kepentingan video call.

Terkait konektivitas, dari namanya saja sudah jelas bahwa chipset ini mendukung jaringan 5G, spesifiknya berkat modem X55 yang tersematkan. Wi-Fi 6 maupun Bluetooth 5.1 juga hadir sebagai standar, dan perangkat yang ditenagai chipset ini juga siap untuk disambungkan ke dua monitor 4K sekaligus.

Sekali lagi, peningkatan yang dihadirkan mungkin tidak sesignifikan seperti ketika 8cx generasi pertama menggantikan Snapdragon 850, namun siapa yang tidak suka dengan lonjakan performa sekaligus peningkatan daya tahan baterai? Sejauh ini, laptop yang dikonfirmasi bakal memakai 8cx Gen 2 baru Acer Spin 7, yang sendirinya juga merupakan laptop 5G pertama dari Acer.

Sumber: The Verge dan Qualcomm.