Categories

Gadget

Qualcomm Umumkan Snapdragon 888, Chipset Smartphone Flagship Tahun 2021

SoC Snapdragon 888 ini membawa peningkatan signifikan pada AI, gaming, kamera, dan konektivitas.

Lukman Azis - 2 December 2020

Qualcomm telah mengumumkan 5G Mobile Platform Snapdragon 888 lewat acara virtual bertajuk ‘Snapdragon Tech Summit Digital’. Detail spesifikasi CPU dan GPU pada Snapdragon 888 masih belum diungkap semuanya, namun yang pasti membawa peningkatan signifikan pada AI, pengalaman gaming, kemampuan kamera, dan juga konektivitas 5G.

SoC Snapdragon 888 ini dilengkapi AI Engine generasi keenam, menggunakan prosesor Hexagon yang dirancang ulang sepenuhnya dan menghasilkan performa 26 tera operations per second (TOPS). Sebagai pembanding, Snapdragon 865 dinilai 15 TOPS dan 11 TOPS untuk chipset Apple M1.

Kemudian fitur Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga membawa peningkatan paling signifikan dari chipset Qualcomm pada performa GPU Adreno. Termasuk updateable GPU driver, Desktop Forward Rendering, dan frame rates mencapai 144 frames per second (fps).

Selain itu, Spectra ISP juga meningkatkan komputasi fotografi. Sistem dapat menangkap foto dan video pada 2,7 gigapixel per detik atau sekitar 120 foto pada resolusi 12MP, yang mana 35% lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Soal konektivitas, Snapdragon 888 dilengkapi 5G Modem-RF System generasi ketiga Snapdragon X60. Memungkinkan kompatibilitas global dengan menawarkan mmWave dan sub-6 pada seluruh pita-pita besar di dunia, serta mendukung 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing. Sementara untuk konektivitas lokal, mengandalkan WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

Smartphone flagship terbaru Xiaomi Mi 11 dipastikan akan menjadi salah satu yang pertama hadir dengan dukungan Snapdragon 888. Disusul smartphone flagship dari sederet OEM berikut yang akan dijumpai pada tahun 2021 mendatang. Meliputi ASUS, Black Shark, Lenovo, LG, MEIZU, Motorola, Nubia, realme, OnePlus, OPPO, Sharp, vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Sumber: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter