28 October 2015

by Glenn Kaonang

Quotle Permudah Anda Berbagi Quote Inspiratif dari Buku

Saat tengah membaca sebuah buku non-fiksi, terkadang kita akan berjumpa dengan sebuah pemikiran inspiratif dari seseorang. Sontak, kita ingin membagikannya ke orang-orang terdekat. Kita salin teksnya, lalu kita post di Facebook atau Twitter.

Sayangnya, quote inspiratif yang dibagikan dengan cara seperti itu besar kemungkinan kurang menarik perhatian. Kita semua tahu bahwa kita lebih tertarik dengan sebuah gambar ketimbang tulisan – meskipun gambar tersebut hanya berisikan tulisan saja, seperti quote yang biasa kita jumpai di Instagram.

Kalau Anda suka dengan gambar-gambar berisikan quote seperti itu, kini ada cara mudah untuk membuatnya. Dinamai Quotle, aplikasi ini dirancang untuk membantu Anda membagikan quote yang tercantum dalam buku, tentunya dalam tampilan yang menarik perhatian.

Info menarik: Apple Music untuk Android Bukan Pepesan Kosong?

Sepintas prinsip yang diusung Quotle mirip seperti aplikasi OneShot. Hanya saja kalau OneShot berfungsi untuk mengambil screenshot dari sebuah artikel online, Quotle akan mengambil ‘screenshot’ dari buku hard copy.

Dengan Quotle, Anda cukup memotret halaman buku tempat quote yang hendak Anda bagikan, lalu ia akan memroses teksnya menggunakan teknologi OCR (optical character recognition). Selanjutnya Anda tinggal menyeleksi teks yang hendak dibagikan, serta mengatur bagaimana tampilannya, mengganti font dan menyesuaikan warna latarnya.

Hasilnya, quote dari sebuah buku yang Anda baca tersebut akan tampak seperti sebuah poster rancangan seseorang yang menguasai Adobe Illustrator – padahal Anda cuma menggunakan satu aplikasi saja di smartphone.

Info menarik: Instagram Rilis Aplikasi Boomerang untuk Berbagi Video Konyol

Langkah terakhir tentu saja adalah membagikannya. Quotle sebenarnya punya layanan sharing-nya sendiri, akan tetapi pengguna tetap bisa membagikan quote ke Facebook, Twitter atau bahkan menyimpannya di Evernote.

Saat ini Quotle bisa diunduh oleh pengguna iPhone secara cuma-cuma di App Store. Buat pengguna Android, sayang tidak ada informasi apakah pengembang Quotle berencana meluncurkan versi Android-nya.

Sumber: TechCrunch.