Categories

Misc

QWiki Permudah Pencarian Wikipedia Melalui Menu Bar di Mac

Praktis, hasil pencarian dapat langsun disalin dalam berbagai format

Aditya Daniel - 9 June 2016

Wikipedia merupakan layanan ensiklopedia web gratis yang memungkinkan Anda untuk bisa mencari berbagai informasi.

Meski tak semua informasi yang ada di Wikipedia dapat dipercaya karena siapapun bisa meng-edit-nya namun setidaknya Wikipedia saat ini bisa dibilang sebagai layanan terbaik untuk mendapatkan referensi dengan mudah. Melakukan pencarian di Wikipedia pun mudah, tinggal akses situsnya melalui web browser dan ketik hal yang ingin dicari.

Selain dari web browser, ada aplikasi iOS ataupun Android yang bisa Anda gunakan untuk berjelajah di Wikipedia. Kini, untuk perangkat Mac pun ada sebuah aplikasi mini yang dapat digunakan untuk mencari di Wikipedia lewat menu bar bernama QWiki. QWiki baru saja dirilis dan bisa Anda dapatkan di Mac App Store dengan harga Rp 15ribu.

Setelah diinstal, akan ada ikon QWiki di menu bar, ketika diakses akan muncul search box untuk mengetikkan pencarian. QWiki akan menampilkan hasilnya dalam bentuk daftar dalam sebuah jendela kecil dan Anda bisa memilihnya untuk mengakses halaman Wikipedia tersebut. Pada bagian bawah, ada tombol navigasi, copy serta share untuk membagikan artikel yang Anda temukan.

Search bar QWiki

Hasil pencarian di QWiki

Hasil pencarian QWiki

Jika Anda menginginkan tampilan hasil pencarian yang lebih besar, Anda bisa mengatur QWiki untuk membuka hasil pencarian di web browser. Tak banyak pengaturan pada aplikasi QWiki. Selain buka hasil pencarian di web browser, ada satu pengaturan lagi yaitu format link yang disalin apakah plain link, Markdown link atau HTML link.

Pengaturan aplikasi QWiki

Salah satu kekurangan QWiki adalah tidak adanya pengaturan keyboard shortcut untuk mengaktifkannya. Navigasi pada daftar hasil pencarian pun tidak bisa menggunakan tombol panah di keyboard. Alangkah baiknya jika QWiki menambahkan keyboard shortcut untuk mengaktifkan dan menyalin hasil pencarian serta navigasi di daftar hasil pencarian pada update berikutnya. Tak hanya mempercepat, namun ketiga fitur tersebut bisa mempermudah pencarian hanya dengan menggunakan tombol-tombol keyboard.

Tentu saja, Anda bisa menggunakan Safari atau Chrome di Mac untuk mencari referensi di Wikipedia secara gratis. Namun QWiki memberikan kecepatan dalam mengakses Wikipedia langsung dari menu bar.

Download - App Store - Rp 15ribu

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter