Categories

Gadget

QX10 dan QX100: Lensa Kamera Unik Sony Untuk Smartphone Anda

Yoga Wisesa - 4 September 2013

Sony akan meluncurkan dua buah lensa kamera canggih terbaru seri Cyber-shot mereka dengan kemampuan yang cukup unik. Lensa ini sangat berbeda dari lensa kamera biasa, karena bukan hanya Anda bisa menggunakannya secara mandiri, Anda juga bisa mengkoneksikan ke smartphone Android dan juga iPhone. QX10 dan QX100, itulah dua nama yang Sony berikan pada duo aksesori lensa kamera manis ini.

Berita tentang Cyber-shot QX10 dan QX100 pertama kali muncul dari press release yang kebetulan bocor di Sony Alpha Rumors. Cara kerjanya sangat pintar dan saya penasaran mengapa belum ada produsen kamera yang melakukan hal ini sebelumnya. Dengan membeli salah satu lensa kamera ini, Anda mendapatkan sebuah bagian utama lensa yang berfungsi juga sebagai kamera detachable serbaguna. Jika 'otak' kamera pada umumnya berada pada bagian body, maka QX10 dan QX100 memiliki chip processing pada bagian body lensanya langsung. Lensa ini bisa pula disematkan pada casing yang menempel pada smartphone atau menggunakan mount yang ada lensa tersebut.

Ia terhubung dengan smartphone (berbasis iOS atau Android) dengan konektivitas Wi-Fi, jika tidak ditempelkan di smartphone, Anda bisa tetap bisa menggunakannya dan bisa melakukan pengaturan untuk mengambil gambar lewat smartphone. Tenang saja, walaupun file gambar bisa langsung dikirim ke smartphone, lensa ini juga memiliki penyimpanan eksternal via slot SD card hingga 64GB. Untuk pengguna iPhone, Anda bisa mengunduh aplikasi kontrol kamera Cyber-shot ini, yang bernama PlayMemories, dari Apple Store dan Google Play.

Cyber-shot QX10 adalah varian entry-level yang dipersenjatai sensor Exmor CMOS berukuran 1/2,3-inci dengan 18,9-megapixel dengan lensa Sony G 9, dilengkapi kemampuan optical zoom hingga 10x. Ia disajikan dalam warna hitam dan putih.

Untuk saya sendiri, saya sangat tertarik dengan model high-end QX100. Ia memiliki sensor Exmor CMOS berukuran 1-inci dengan 20,9-megapixel. Ia juga dilengkapi dengan sebuah lensa Carl Zeiss dengan kemampuan optical zoom sebesar 3,6 kali. QX100 tidak lupa memberikan Anda mode fokus manual, fitur white balance yang lebih canggih dan juga penyesuaian aperture, bahkan fitur-fitur pelengkap seperti microphone built-in dan speaker mono.

Harga adalah hal yang cukup menarik dari kedua kamera unik ini. Varian entry-level QX10 hanya dibanderol kurang lebih US$ 250, dan QX100 sebagai seri high-end dihargai US$ 500. Kedua lensa, meski infonya telah tersebar belum dirilis secara resmi. Rencananya Sony akan merilis tangal 4 September jam 16:00 waktu London.

Untuk Anda yang masih belum memiliki gambaran tentang mengapa QX10 dan QX100 begitu, silakan nikmati video di bawah ini:

Sumber artikel dan gambar: SonyAplhaRumors dan Apple Insider.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter