23 January 2014

by DailySocial

Raih Jumlah Unduhan Sebesar 320% di iOS, KakaoTalk Luncurkan Versi Terbaru Khusus Perangkat iOS 7

Akhir tahun 2013 kemarin menjadi momen yang cukup indah bagi KakaoTalk. Pasalnya, aplikasi mobile messaging yang berbasis di Korea Selatan tersebut baru saja mengumumkan lonjakan angka unduhan sebesar 320% yang berasal dari perangkat iOS pada Desember 2013. Lonjakan tersebut disusul dengan hadirnya versi terbaru yakni KakaoTalk v.4.0.0 yang berisi sejumlah peningkatan kompatibilitas untuk sistem operasi iOS7.

Diumumkan langsung lewat siaran pers yang kami terima, KakaoTalk secara tersirat menyampaikan “rasa terima kasih” terhadap pasar Indonesia yang dinyatakan sebagai segmen pasar terbesar KakaoTalk di luar wilayah Korea Selatan yang menjadi basisnya. “Peningkatan signifikan jumlah unduhan KakaoTalk dari perangkat iOS ini berkontribusi pada peningkatan jumlah pengguna KakaoTalk di Indonesia yang telah melampaui 15 juta pada Desember 2013 lalu,” bunyi salah satu keterangan KakaoTalk dalam press release.

Dalam hal ini, KakaoTalk juga mengklaim upaya peningkatan pengalaman sosial melalui KakaoTalk Plus Friend dengan akun bisnis juga dinyatakan sebagai salah satu pendorong lonjakan jumlah unduhan yang diraihnya tersebut. Sekedar mengingatkan, KakaoTalk dengan akun Plus Friend yang berorientasi pada mitra-mitra bisnis merupakan layanan KakaoTalk yang memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan promosi harian dari mitra-mitra Plus Friend seperti 7-Eleven, Chatime, McDonald’s, dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, KakaoTalk juga meluncurkan versi v.4.0.0  yang dikhususkan sebagai langkah penyesuaian KakaoTalk ke dalam iOS 7. Penyesuaian yang dilakukan oleh KakaoTalk ini terfokus pada tampilannya yang benar-benar baru dan menyesuaikan dengan estetika iOS 7. Selain tampilan yang diperbarui, KakaoTalk v.4.0.0 juga menghadirkan pembaruan lain seperti penyempurnaan pada fitur berkirim konten seperti audio dan video dengan kecepatan yang diklaim lebih stabil dari sebelumnya serta tak ketinggalan dihadirkannya fitur terbaru yang disebut dengan Tap-Tap.

“Kakao juga memahami bahwa pengguna dari sistem operasi yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Para pengguna KakaoTalk di iOS kali ini akan memperoleh manfaat dari versi terbaru, karena versi ini menjamin kompatibilitas dengan tampilan dan rasa dari iOS7. Semua ini kami lakukan demi pengalaman komunikasi terbaik dengan KakaoTalk,” ujar Kate Sohn, Vice President Global Business Development Kakao Corp seperti yang dikutip dari siaran pers.

Dengan kenaikan jumlah unduhan hingga 320% atau lebih dari 3 kali lipat yang hanya berada pada perangkat iOS, tampaknya kabar ini cukup membuat KakaoTalk menjadi salah satu pemain persaingan aplikasi mobile messagingyang sepatutnya disegani – khususnya di pasar Indonesia.

Melihat perkembangan yang cukup baik dari KakaoTalk ini, rupanya apa yang menjadi upaya KakaoTalk di tahun 2013 kemarin terbilang cukup sukses dan berhasil merebut pasar Indonesia, walau belum berhasil menjadi aplikasi mobile messaging teratas di Indonesia pada 2013 kemarin. Setidaknya KakaoTalk masih memiliki amunisi yang cukup untuk bersaing secara lebih ketat di antara aplikasi-aplikasi serupa.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro.