1. Startup

Raksasa Digital Cina Tencent Sangkal Rumor Akuisisi Okezone

Terkait informasi yang berkembang di ranah digital tentang akuisisi raksasa digital Cina Tencent terhadap Okezone, pihak MNC Tencent selaku perwakilan resmi Tencent di Indonesia mengkonfirmasi bahwa berita tersebut hanya rumor dan mereka tidak ingin berpendapat atau berkomentar terhadap hal-hal yang masih bersifat rumor.

Sebelumnya kami memberitakan informasi yang berseliweran di sejumlah pemimpin media digital tentang rencana akuisisi Tencent terharap portal berita digital milik MNC, Okezone. MNC sendiri adalah partner Tencent dengan joint venture mereka, PT MNC Tencent, untuk memasarkan produk-produk layanan messaging WeChat di Indonesia.

Disebut-sebut pula mantan Country Manager Yahoo Indonesia Roy Simangunsong bakal menahkodai kapal baru ini, meskipun sumber kami mengatakan bahwa Roy bakal tetap masuk Okezone sebagai persinggahan berikutnya.

Sementara untuk perkembangan WeChat di Indonesia selalu tahun terakhir ini, pihak MNC Tencent mengklaim bahwa total pengguna aktif WeChat saat ini adalah 50% dari total pengguna smartphone di seluruh Indonesia. Mereka juga mengutip data data Google Trend 2013 di Indonesia bahwa WeChat adalah aplikasi messenger yang paling banyak dicari kedua sesudah Whatsapp. Secara global, WeChat tercatat sebagai aplikasi messenger dengan pertumbuhan pengguna paling tinggi di dunia sebanyak 379% untuk usia 16-64 tahun berdasarkan data Global WebIndex.

Bagaimana rencana MNC Tencent untuk WeChat di Indonesia tahun 2014? Target mereka adalah terus memperbesar jumlah pengguna WeChat dan membentuk komunitas-komunitas konsumen, termasuk melakukan pengenalan layanan-layanan baru untuk membuat pengguna semakin loyal dan menarik pengguna baru untuk bergabung.

Sejauh ini WeChat telah memperkenalkan permainan mobile seperti seperti Gunz Dash dan menyusul permainan balap mobil dengan menjanjikan kualitas tampilan dan suara yang mumpuni untuk kelas game di smartphone. Seperti biasa WeChat juga akan terus meluncurkan stiker-stiker baru untuk bersaing dengan kompetitor terdekatnya, Line dan KakaoTalk. Tak lupa WeChat juga memiliki akun resmi khusus WeChat dan WeChat Football untuk memberikan informasi terbaru tentang pertandingan sepakbola dari berbagai liga dunia.

[Ilustrasi foto: Flickr/Jornny Liu]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again