Categories

Berita

Rakuten Belanja Online Siapkan Platform Baru dan Gandeng Veritrans Indonesia untuk Handle Sistem Pembayaran

Amir Karimuddin - 30 May 2013

Rakuten Belanja Online (RBO), selaku anak perusahaan Rakuten yang bergerak di Indonesia, bakal menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang menggunakan platform terbaru ini setelah Malaysia. Platform yang dimaksudkan adalah mengakomodasi segala macam ukuran layar yang mengaksesnya, baik dari komputer, tablet maupun desktop, alias responsive theme. Pihak Rakuten mengklaim bahwa sejak diimplementasikan akhir tahun lalu di negara tetangga, platform baru ini mampu mendongkrak hasil penjualan -- meskipun tidak disebutkan berapa persentase kenaikannya.

Presiden Direktur PT Rakuten-MNC (RBO) Ryoto Inaba menyebutkan bahwa, "Keunggulan global e-commerce platform ini adalah memudahkan pengguna perangkat bergerak karena bisa menyesuaikan jenis perangkatnya." Inaba juga mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah menggandeng Veritrans Indonesia untuk meng-handle sistem pembayaran RBO.

Seperti dikutip dari Kontan, jumlah produk yang dijual Rakuten di Indonesia di atas 400.000 produk dan lebih dari 500 penjual. Di kuartal I 2013, Rakuten di Indonesia mencatatkan penjualan bruto merchant (penjual) tumbuh lebih dari 115% dan paid order lebih dari 257% year-on-year. Adapun trafik melalui perangkat bergerak naik lebih dari 180% dan jumlah pesanan dari perangkat bergerak naik di atas 438%.

Ketika disinggung soal pecah kongsi antara Rakuten dan MNC untuk joint venture RBO, Inaba menegaskan,"Kami tidak berpisah. Saya tidak ingin menanggapi rumor. Yang jelas, bagi kami pasar Indonesia potensial dan terbesar untuk Asia Tenggara."

Di kawasan Asia Tenggara, selain di Indonesia Rakuten juga memiliki bisnis di Malaysia dan Thailand.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter