1. Startup

Rakuten Tawarkan Opsi Cash on Delivery (COD)

Ketika Anda berpikiran tentang suatu situs e-commerce, tentunya yang ada di kepala adalah segala sesuatu yang serba elektronik. Pembayarannya pun biasanya menggunakan kartu kredit atau setidaknya debit menggunakan Internet Banking. Meskipun demikian, karena sifat konsumen di Indonesia yang sayangnya secara mayoritas masih cenderung belum percaya benar dengan prinsip jual beli secara online, Rakuten Belanja Online (RBO) berusaha menawarkan alternatif dalam pembelian secara online ini. Cash On Delivery (COD) memungkinkan pelanggan untuk membayar setelah barang sampai, bukan sebelum diantarkan.

Prinsip COD yang ditawarkan oleh RBO sementara ini berlaku untuk kawasan Jakarta dan nampaknya belum berlaku untuk semua merchant. Tidak semua merchant menawarkan hal ini dan kami belum mengetahui mekanisme untuk merchant supaya dapat menggunakan skema COD ini. Berbeda dengan transaksi reguler yang pengantarannya dilakukan oleh masing-masing merchant, pengiriman via COD akan dilakukan oleh pihak Rakuten sendiri. Rakuten akan mengambil barang dari merchant dan selanjutnya mengantarkannya ke konsumen.

Saat ini biayanya digratiskan hingga tanggal 14 Juli sejak mulai dibuka kemarin (7 Juli) dan setelah itu akan dikenakan fee IDR 25 ribu per pengantaran. Cukup mahal memang, tapi buat orang yang tidak mudah percaya dengan prinsip transaksi online reguler, nilai ini tentu tidak sebanding dengan kenyamanan bertransaksinya. Buat orang-orang seperti ini, lebih baik membayar sejumlah uang tapi barang terjamin ketimbang sudah membayar di depan tapi merasa "tertipu" bukan?

Maksimal nilai yang diterima dengan prinsip COD ini adalah IDR 1 juta.  Lebih dari itu konsumen diharapkan menggunakan skema pembayaran online. Bukan apa-apa, pembayaran via COD tentunya memberikan cash kepada pengantar dan jika nilainya terlalu besar ditakutkan akan ada risiko yang tidak diinginkan (baca: penyelewengan).

Selain opsi COD, RBO yang bekerja sama dengan sejumlah merchant mulai menawarkan free delivery untuk kawasan Jakarta. Tentunya dengan nilai kurang dari IDR 10 ribu untuk pengantaran melalui jasa kurir macam TIKI atau JNE, biaya ini bisa diambil dari keuntungan yang diterima oleh merchant yang produknya berprofit cukup besar. Meskipun nilainya tak seberapa, layanan ini tentunya akan meningkatkan apresiasi dari pengguna.

Inovasi ini tentu akan meningkatkan daya saing RBO ketimbang penyedia layanan e-commerce serupa. Sejujurnya buat saya opsi ini "agak mundur" ke arah tradisional, tapi minimal para pengguna yang terbiasa dengan skema COD akan mulai terdorong untuk menggunakan prinsip-prinsip e-commerce di area pemesanannya. Setelah merasa aman dan nyaman layanan e-commerce ini, secara perlahan konsumen seperti ini akan tergerak untuk memanfaatkannya untuk berbelanja online secara penuh, terutama untuk yang bernominal lebih besar. Minimal salah satu keuntungan Anda membeli secara online adalah bisa dilakukan selama 24 jam dan tidak perlu usaha lebih untuk melakukan perjalanan ke toko -- ini tentu saja mendukung efisiensi dalam berlalu lintas di Jakarta.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again