24 August 2015

by Glenn Kaonang

Benar-Benar Wearable, Inilah Kaos Berkemampuan Fitness Tracking dari Ralph Lauren

Bangkitnya tren perangkat wearable mengajak sejumlah brandfashion untuk turut berpartisipasi. Kali ini giliran Ralph Lauren yang mempersembahkan sebuah produk inovatif, menjembatani kecanggihan teknologi dan tren busana dalam satu kesempatan yang sama.

Tidak, Ralph Lauren tidak merancang sebuah gelang pintar berkemampuan fitness tracking. Brand asal AS ini masih berakar pada keahlian utamanya, yakni pakaian, namun mereka mengimbuhkan teknologi biometrik yang terintegrasi.

Dijuluki Ralph Lauren PoloTech Shirt, kaos bermodel ketat ini ditujukan bagi mereka yang rutin berolahraga. Di antara serat-serat kainnya di bagian tengah, tertanam serat kain khusus yang berfungsi untuk membaca berbagai statistik vital secara akurat, mulai dari laju jantung, pola pernafasan, output energi, tingkat stres sampai jumlah langkah kaki dan kalori yang terbakar.

Info menarik: Speedo Luncurkan Fitness Tracker untuk Para Perenang Sejati

Data-data ini kemudian akan diproses oleh sebuah kotak kecil yang berada pada bagian rusuk sebelah kiri pengguna. Selanjutnya, kotak kecil tersebut akan meneruskan semua data yang terkumpul ke aplikasi pendampingnya di perangkat iOS – termasuk Apple Watch – via Bluetooth.

Kotak kecil berwarna hitam ini juga mengemas sebuah accelerometer 3D yang berfungsi untuk mengenali pergerakan penggunanya. Kotak ini bisa dilepas-pasang, sehingga proses charging baterainya bisa dilakukan dengan mudah via USB – Anda juga perlu melepasnya saat hendak mencuci kaos PoloTech.

Namun apalah arti data-data tersebut kalau tidak ada tindakan lebih lanjut? Berdasarkan informasi yang diterima, aplikasi pendamping PoloTech akan memberikan rekomendasi latihan yang dibagi menjadi tiga kategori: Cardio, Strength dan Agility, yang semuanya disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

Info menarik: Freewheel Merupakan Fitness Tracker Unik Bagi Pengguna Kursi Roda

Ralph Lauren PoloTech rencananya akan segera dipasarkan minggu ini juga. Di online store resmi Ralph Lauren, ia dibanderol seharga $295. Sangat mahal untuk ukuran sebuah kaos olahraga. Namun demikian, kalau Anda memakai kaos ini, Anda tidak lagi memerlukan perangkat fitness tracker lain.

Ke depannya, Ralph Lauren juga siap meluncurkan kaos PoloTech untuk konsumen perempuan. Tidak cuma itu, kecanggihan teknologi biometrik yang diusung rupanya juga akan diintegrasikan ke jenis-jenis pakaian yang lebih kasual, seperti misalnya kaos kerah atau malah jas pesta.

Sumber: The Verge dan Business Wire.