11 July 2018

by Bambang Winarso

Rampung Diuji, Mode Incognito Sudah Bisa Dijajal di Android

Fitur ini diuji di bulan Mei lalu

Sekitar bulan Mei lalu, Google memulai proyek pengujian fitur incognito yang selama ini kerap dijumpai di peramban untuk aplikasi YouTube, salah satu portofolionya. Setelah melalui proses yang panjang, fitur Incognito sekarang sudah bisa dijumpai oleh seluruh pengguna Android, termasuk Indonesia.

Serupa dengan modus incognito yang kita jumpai di browser, incognito di YouTube juga berfungsi untuk mematikan fungsi tracking baik riwayat menonton atau pencarian. Penggunaannya akan sangat cocok untuk perangkat yang digunakan oleh pengguna dalam rentang usia yang berbeda, di mana orang tua dapat menyembunyikan riwayat tontonan dewasa dari anak-anak.

Dari pantauan Dailysocial, fitur ini sudah dijumpai di aplikasi YouTube Android versi terakhir. Jika Anda sudah melakukan pembaruan terakhir di minggu lalu, Anda tidak perlu lagi melakukannya karena fitur ini hampir pasti sudah tersedia.

Untuk beralih ke modus incognito, tap foto profil Anda di sudut kanan atas lalu tap menu Turn on Incognito. Sebelum dialihkan, Anda akan menerima jendela pemberitahuan singkat, tap saja GOT IT dan selesai, modus incognito akan aktif.

Untuk mematikan modus ini, tap ikon profil siluet berkacamata dan topi di sudut kanan atas dan tap Turn off Incognito, maka Anda akan kembali ke modus normal.

Tetapi perlu diketahui bahwa saat dalam modus penyamaran, pengguna tidak dapat mengakses salah satu fitur dari YouTube Premium, misalnya fitur YouTube Originals atau media offline. Untuk mengaksesnya, Anda harus kembali ke modus normal. Modus incognito juga akan otomatis mati saat aplikasi tidak aktif dalam waktu tertentu.

Sumber berita ThenextWeb dan gambar header Pixabay.

Application Information Will Show Up Here