Rangkaian Acara Pertama Indonesia IoT Developer Day 2016 Telah Dilaksanakan di Bandung

Rangkaian Acara Pertama Indonesia IoT Developer Day 2016 Telah Dilaksanakan di Bandung

Acara akan berlanjut ke kota Bogor dan Jakarta sebelum kembali ke Bandung untuk acara utama
Indonesia IoT Developer Day 2016/DailySocial
Indonesia IoT Developer Day 2016/DailySocial

Rangkaian acara Indonesia IoT Developer Day 2016 resmi dibuka dengan acara pertama diadakan di Bandung. Acara pertama di Bandung ini diisi oleh sharing ilmu beberapa praktisi Internet of Things (IoT) seperti Andri Yadi, CEO DyCode & DycodeX; Yudha Maulana dari X-Igent; dan Andreas Aditya Swasti, Senior Manager Consumer Product DOKU.

Selain itu ada pula sesi diskusi kelompok untuk membahas ide-ide dari peserta serta tanya jawab dengan para narasumber seperti Indra dari eFishery, Indra Wibawa, penggagas Rantonic, Andreas Aditya Swasti dari DOKU dan Andri Yadi dari DyCode.

Acara yang dihadiri 56 peserta yang berasal dari mahasiswa, palaku industri serta peserta umum ini menjadi penanda digelarnya rangkaian acara IoT Developer Day 2016 menuju acara puncak yang akan diadakan pada 28 Mei 2016 nanti.

Helmi, CMO DyCode, dalam wawancara santai menyebutkan bahwa acara kali ini memiliki beberapa kelebihan dengan acara yang pernah di selenggarakan sebelumnya, antara lain kali ini rangkaian acara diselenggarakan di 3 kota, lalu ada dukungan partner DOKU, dan yang mengikuti acara juga cukup beragam termasuk juga dari pelaku startup yang sudah establish atau yang telah memiliki prototype.

IOT 2

Setelah acara di Bandung ini acara roadshowIndonesia IoT Developer Day 2016 akan digelar di Bogor. Salah satu perwakilan yang kami wawancara, Muhammad Ibnu Fadhil menjelaskan bahwa untuk yang di Bogor nanti materinya sedikit lebih global untuk memperkenalkan IoT serta perkembangannya. Selain pemateri akan ada pula talkshow yang diisi oleh (makers, Bekraf, wakil pemerintah, prinsipal seperti IBM, XL, Intel dan Telkom). Demo produk jugak dilakukan di acara ini.

Saat tulisan ini dibuat, kuota yang ada telah habis, ada 500 orang yang telah mendaftar. Sedangkan pembicara yang akan hadir antara lain Andri Yadi – CEO DycodeX , Martin Kurnadi – CEO Geeknesia, Firstman Marpaung – Intel Indonesia
Irsan Suryadi Saputra – IBM Indonesia, Cornelius Julius – XL Axiata, Aulia Faqih – Intel Innovator, Blackbelt Software Developer, Rendra Toro – Intel Innovator IOT, Muhammad Ibnu Fadhil – Founder Gravicode Multinovative Plexindo.

Informasi untuk acara di Bogor bisa di lihat lewat tautan ini.

Setelah Bogor keesokan harinya acara akan diadakan di Jakarta lalu kembali lagi ke Bandung untuk acara puncak termasuk expo. Untuk acara Jakarta akan digelar tanggal 23 April 2016, detail akan diumumkan dalam waktu dekat. Informasi tentang Indonesia IoT Developer Day 2016 bisa dicek di sini,

Pendapat DOKU tentang acara Indonesia IoT Developer Day 2016 di Bandung

Di sela-sela acara, saya juga berkesempatan berbincang dengan perwakilan dari DOKU untuk bertanya beberapa hal termasuk alasan memilih kota Bandung. Andreas menjelaskan bahwa developer adalah masa depan industri digital jadi menjadi relevan untuk merangkul para pengembang tanah air ini.

DOKU sendiri adalah layanan yang menyediakan sistem pembayaran dan pendekatan yang lazim dilakukan adalah ke para merchant. Meski demikian pendekatan pada para developer dilakukan karena para pengembang ini yang menggunakan teknologi secara native dalam kehidupan sehari-hari mereka. Menjadi relevan tentunya untuk mengenalkan teknologi DOKU termasuk API pada mereka.

Para pengembang ini pun perlu untuk diberikan pengetahuan tentang pengembangan ekosistem bukan hanya promosi. Sedangkan kota Bandung dipilih karena dianggap memiliki para pekarya kreatif, selain itu DOKU juga bermitra dengan Dycode yang memang berdomisili di kota Bandung.

Sedangkan untuk pameran di acara utama, yang nanti akan diselenggarakan di Bandung, produk yang ada juga kemungkinan untuk di jadikan mitra, bukan hanya dari integrasi produk tetapi bisa pula dalam hal pengembangan sistem tertentu, jadi DOKU bisa fokus sama pengembangan payment-nya dan pengembangan yang lain bermitra dengan para pengembang.

IOT 1

IoT Challenge untuk developer

Acara seminar dan talkshow Indonesia IoT Developer Day 2016 juga mengadakan tantangan atau kompetisi untuk para pengembang. Para pengembang bisa mengirimkan karya mareka dan berkompetisi mendapatkan hadiah uang total 30 juta rupiah serta free trip ke pameran IoT international.

Informasi tentang lomba ini bisa dilihat di tautan ini.

Kompetisi untuk non-developer – blogging competition with DOKU

Kompetisi juga hadir untuk mereka non-developer yang tertarik untuk mencari tahu dan mendapatkan informasi tentang IoT. Para blogger bisa mengikuti kompetisi berhadiah uang total 5 juta rupiah di Indonesia IoT Developer Day 2-16 Blogging Competition with DOKU.

Anda hanya perlu menuliskan artikel ide tentang bagaimana mengintegrasikan IoT (Internet of Things) dalam menyelesaikan masalah nyata di sekitar Anda. Ada nilai lebih jika ide tersebut ikut menyertakan metode pembayaran yang kreatif. Persyaratan bisa dilihat pada poster di bawah. Sedangkan untuk pendaftaran bisa menuju tautan bit.ly/i2d2-blog.

Disclosure: DailySocial adalah media partner acara ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Events
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…