Categories

Berita

Rangkaian Facebook Developer Meetup Ditutup di Bandung

Menilik semangat developer lokal dalam membangun ide dan solusi mealui Facebook Developer Tools

Randi Eka - 19 August 2016

Selain di Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta, Facebook Developer Meetup juga diadakan di Bandung. Tepatnya pada tanggal 19 Agustus 2016 bertepat di Eduplex Bandung, Meetup ini memberikan pencerahan kepada para pengembang lokal di sana seputar berbagai dukungan pengembang yang diberikan Facebook. Berbagai pengembang dari lintas platform (umumnya pengembang Android dan web) turut tergabung dalam acara ini.

Pemaparan materi berlangsung santai dengan diskusi hangat yang membahas banyak aspek dalam tools pengembangan Facebook. Dipandu oleh pemateri dari Facebook, yakni Alice Wei dan Ziyad Bazed beserta tim dari DailySocial, yakni Rama Mamuaya dan Yosef Sugiharto. Para pemateri menyampaikan seputar fitur apa saja yang dapat dimanfaatkan dalam Facebook Developer, contoh implementasinya, dan juga teknis pelaksanaan Facebook Hackathon (FBhacks) yang akan dilaksanakan 3-4 September mendatang di Jakarta.

Salah satu peserta yang turut hadir dalam Meetup adalah Arie Ridwansyah, seorang Android Developer dari sebuah startup di Bandung. Ia menyampaikan bahwa begitu antusias dengan bahasan yang disampaikan, terutama pada bagian pengembangan chatbot di Messenger. Selama ini tools Facebook yang ia gunakan untuk aplikasi yang dikembangkan adalah Facebook Login dan Facebook Share. Ke depan ia ingin mengintegrasikan dengan layanan Facebook Analytics (yang baru ia ketahui) untuk mendapatkan insight pengguna lebih mendalam.

Tak kalah antusias Alifa Nurani, seorang mahasiswi pasca sarjana ITB yang turut mengikuti rangkaian acara Meetup. Sebelumnya ia seriang melakukan pengembangan aplikasi web di tempat bekerja dan sebagai materi belajar. Banyak hal yang ternyata ia baru ketahui seputar tools pengembangan di Facebook. Alifa mengatakan bahwa ke depan ia ingin mengintegrasikan layanan yang lebih beragam pada web yang akan dikembangkan.

Acara diskusi pun berlangsung meriah. Hampir sama di kota-kota lain, Messenger Bot menjadi salah satu pembahasan yang paling diminati. Terlebih DailySocial juga turut mendemokan proyek Minerva yang sedang dikembangkan, sebuah Messenger Bot untuk asisten pembaca berita. Berbagai potensi pengembangan turut dibincangkan dalam diskusi, misalnya skema untuk monetisasi layanan melalui Facebook dan sebagainya.

Harapannya dengan membuka wawasan seputar developer tools yang dimiliki Facebook, para peserta memiliki inspirasi dan ide yang lebih beragam untuk disubmisikan dalam pagelaran Hackathon Facebook. Sehingga nantinya akan terlahir berbagai aplikasi dan layanan berbasis sosial yang di luar dugaan, memenuhi kebutuhan komputasi masyarakat modern.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter