Categories

Berita

Rangkul Usaha Kecil dan Menengah, iPaymu Luncurkan Fasilitas Pembayaran Lewat QR Code

Avi Tejo Bhaskoro - 18 December 2013

Untuk mempermudah transaksi yang “cashless” di setiap badan usaha, biasanya para pelaku usaha memanfaatkan fasilitas mesin Electronic Data Capture (EDC) yang digunakan untuk memasukkan data dari kartu kredit maupun debit. Alat tersebut sayangnya hingga kini masih belum terdapat pada setiap badan usaha terlebih pada setiap badan usaha kecil, padahal fungsinya yang jelas sangat membantu bagi setiap transaksi pembelian. Melihat hal tersebut, iPaymu sebagai penyedia layanan mobile payment, baru saja meluncurkan layanan berbasis Quick Response Code (QR Code).

Seperti yang dilansir oleh situs Liputan6 kemarin (17/12), penyedia layanan payment gateway yang diluncurkan satu tahun yang lalu ini sepakat menghadirkan fasilitas teknologi pembayaran berbasis QR Code yang dapat digunakan oleh seluruh kalangan pebisnis.

Disampaikan langsung oleh Riyeke Ustadiyanto selaku Chief Technology Officer iPaymu, dengan hadirnya fitur QR Code diharapkan nantinya dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. “Tak semua pelaku usaha, khususnya UKM, bisa memiliki EDC. Untuk itu kami menghadirkan layanan mobile payment berbasis QR code agar semua orang bisa menikmati pembayaran secara online,” ujarnya.

Ia melanjutkan, dengan QR Code pelaku usaha kecil seperti warung dan pedagang kaki lima pun dapat memanfaatkan fasilitas pembayaran cashless tanpa harus tergantung dengan mesin EDC yang penggunaanya memiliki syarat-syarat yang cukup berat untuk mereka penuhi.

Cara pengaplikasiannya pun dikatakan cukup mudah. Kembali dijelaskan oleh Riyeke, pengguna yang telah menjadi anggota iPaymu hanya cukup mengunduh aplikasi iPaymu Mobile Transaction yang tersedia di Google Play Store pada perangkat ponsel Android untuk kemudian menggunakan fitur scan QR Code seperti pada umumnya untuk melakukan transaksi pembayaran.

Dari sisi pedagang, pengaplikasian fitur QR Code ini juga cukup mudah. Sama seperti pada proses keanggotaan iPaymu seperti umumnya, penjual yang telah terdaftar sebagai anggota hanya perlu mendaftarkan usaha produk dan jasanya diikuti dengan pengisian data yang lengkap di situs iPaymu. iPauymu kemudian memberikan QR Code khusus yang berisikan data-data seperti harga dan jenis produk yang diperdagangkan untuk dapat ditawarkan kepada pembeli. Setelah proses tersebut selesai, penjual dapat mencetak pola QR Code tersebut untuk dapat ditempelkan pada setiap tempat dagangannya, sehingga pembeli pun dapat melakukan scan QR Code secara langsung di tempat.

Inovasi yang dilakukan oleh iPaymu ini tentu sangat menarik dan berpotensi untuk mendatangkan banyak nasabah, dikarenakan sifat penggunaannya yang mungkin dinanti-nanti oleh banyak pengguna. Ditambah lagi dengan menyasar penjual yang berada pada lingkup industri UKM, hal ini tentu dapat membantu para pelaku usaha tersebut untuk ikut mewujudkan transaksi cashless di tengah-tengah masyarakat.

Jika dilihat dari sisi pengguna secara luas, implementasi fasilitas pembayaran QR Code ini juga dapat menyentuh di segala kalangan, dengan didukung oleh aplikasi yang tersedia pada platform Android yang memiliki ragam handset dengan harga yang bervariasi, fasilitas ini tentu dapat dinikmati oleh segala kalangan mulai dari kalangan atas hingga kalangan bawah sekalipun.

This Smart & Innovative channel is brought to you by Smartfren. Smartfren promotes Smart life through internet and mobile. For more information on product and solution provided by Smartfren, visit Smartfren website: http://www.smartfren.com/ like Smartfren Facebook Page, and follow @smartfrenworld

[ilustrasi foto dari: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter