Rangkuman Indonesia Games Championship 2020 - Para Pemenang dan Catatan Jumlah Penonton

Indonesia Games Championship 2020 telah berakhir. EVOS Esports terbilang jadi organisasi tersukses berkat kemenangannya di dua cabang sekaligus.

Setelah melewati maraton kompetisi antar para gamers terbaik se-Indonesia, turnamen Indonesia Games Championship (IGC) akhirnya telah rampung. Tanggal 27 - 30 Agustus 2020 kemarin, IGC 2020 sudah memahkotai para jawara dari game Free Fire, Arena of Valor, Call of Duty Mobile, dan League of Legends.

Digelar secara online, waktu pelaksanaan Indonesia Games Championship 2020 terbentang dari Mei hingga Agustus. Turnamen dimulai dari fase pendaftaran yang dibuka pada Mei hingga Juni 2020, dilanjut dengan babak kualifikasi di bulan Juli hingga Agustus, sampai menyisakan tim-tim terbaik saja yang bertanding di babak Playoff (24-26 Agustus 2020) dan Grand Final (27-30 Agustus 2020).

Ada dua juara dari masing-masing cabang game yang dipertandingkan (kecuali League of Legends) di IGC 2020, yaitu juara kategori tim laki-laki, dan juara kategori tim perempuan. Dari keseluruhan juara, EVOS Esports bisa dibilang sebagai organisasi esports paling sukses dalam gelaran ini, berkat kemenangan terhadap dua cabang game sekaligus dari kategori tim laki-laki. Lebih lengkapnya, berikut daftar juara-juara dari masing-masing cabang dan kategori di IGC 2020:

Sumber: Rilis Resmi Telkomsel

Kategori tim Laki-Laki

  • Free Fire - EVOS Esports
  • COD Mobile - LOUVRE x One Team
  • Arena of Valor - EVOS Esports
  • League of Legends - Magnus

Kategori tim Perempuan

  • Free Fire - Toxic for Lyfe
  • Call of Duty Mobile - Star8 Celestial
  • Arena of Valor - Hertz Emot

Dampak IGC 2020 Terhadap Ekosistem Esports di Indonesia

Dengan pilihan cabang pertandingan yang beragam, dua kategori yang disajikan, serta durasi turnamen yang panjang, Indonesia Games Championship 2020 memberi dampak yang cukup signifikan terhadap ekosistem esports Indonesia.

Dari sisi tingkat partisipasi, IGC 2020 diikuti oleh 34.000 peserta yang tergabung dalam 8.200 tim. Menggunakan format online, IGC 2020 juga berhasil menjangkau 457 kabupaten/kota di Indonesia, dan tiga negara di Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura, dan Filipina. Dari sisi tayangan, rilis mengatakan bahwa IGC 2020 berhasil menyedot perhatian sampai dengan 10 juta total views, dengan 1,5 juta jam total watch time pada situs DuniaGames dan aplikasi MAXstream.

Sementara itu jika mengutip dari channel YouTube Dunia Games, berikut catatan Hybrid.co.id terhadap jumlah penonton tayangan Grand Final IGC 2020, yang kami catat tanggal 1 September 2020.

League of Legends Grand Final

  • Total durasi siaran - 452 menit 33 detik (7 jam 32 menit 33 detik)
  • Total views - 10.967 views

Grand Final Arena of Valor (Siaran juga menyertakan gelaran puncak AOV kategori perempuan)

  • Total durasi siaran - 639 menit (10 jam 39 menit)
  • Total views - 81.078 views

Free Fire Grand Final (Siaran juga menyertakan babak Playoff COD Mobile kategori laki-laki dan perempuan)

  • Total durasi siaran - 649 menit 38 detik (10 jam 49 menit 38 detik)
  • Total views - 225.859 views

Free Fire Grand Final part 2 (Siaran juga menyertakan gelaran puncak COD Mobile kategori laki-laki dan perempuan)

  • Total durasi siaran - 697 menit 5 detik (11 jam 37 menit 5 detik)
  • Total views - 354.925 views

“Kami sangat mengapresiasi atas semakin tumbuhnya antusiasme yang luar biasa dari para penggiat game di seluruh daerah Indonesia terhadap penyelenggaraan IGC 2020. Hal tersebut bisa dilihat dari tingginya penggemar esports yang mengikuti IGC 2020 dengan melalui live streaming. Kami berharap, kompetisi seperti ini bisa terus menjadi oase bagi para penggiat esports tanah air untuk tetap memajukan industri, walaupun sedang berada dalam masa sulit. Melihat animo yang ditunjukkan, kami membuka peluang untuk menyelenggarakan IGC di tahun-tahun berikutnya. Kami juga berharap bisa memberi dampak yang lebih besar dalam mengembangkan serta memperkuat industri esports di Indonesia, melalui cara yang inklusif dan berkelanjutan.” Ucap Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel membahas soal IGC 2020.

Selamat untuk para pemenang! Sejauh ini IGC kerap kali dianggap sebagai salah satu turnamen esports kelas premier di Indonesia. Semoga di masa depan, turnamen ini bisa tetap terselenggara, dan terus memberi dampak positif kepada ekosistem esports di Indonesia.