2 March 2017

by Glenn Kaonang

Raspberry Pi Zero W Hadirkan Konektivitas Wireless Seharga $10 Saja

Spesifikasinya persis seperti Pi Zero, hanya saja jauh lebih mudah dipakai untuk bereksperimen dengan perangkat IoT berkat kehadiran Wi-Fi dan Bluetooth

Pada tanggal 28 Februari kemarin, Raspberry Pi resmi merayakan ulang tahunnya yang kelima. Sebagai bentuk selebrasi, diungkaplah model teranyar dari single board computer (SBC) tersebut, yakni Raspberry Pi Zero W.

Anda tentunya masih ingat dengan Pi Zero yang diperkenalkan pada bulan November 2015. Pi Zero memang tidak seperkasa Pi 3 yang ditenagai oleh prosesor 64-bit, akan tetapi ukurannya yang sangat kecil beserta banderol harganya yang begitu murah terbukti berhasil menjadi daya tarik sendiri di mata komunitas DIY.

Tentunya barang seharga $5 mempunyai sejumlah batasan. Namun yang paling utama yang dirasakan oleh para pengguna Pi Zero adalah absennya konektivitas nirkabel. Untuk mengatasinya, mereka harus mengandalkan dongle yang kerap kali tidak cuma berharga lebih mahal dari Pi Zero itu sendiri, tetapi juga menghuni satu-satunya port USB yang dimiliki Pi Zero.

Pi Zero W hadir sebagai solusi dari masalah tersebut. Spesifikasinya sama persis seperti Pi Zero, mencakup di antaranya prosesor 1 GHz, RAM 512 MB, port mini HDMI, micro USB dan slot microSD. Yang membedakan di sini adalah hadirnya modul Wi-Fi N dan Bluetooth 4.0, persis seperti yang ditanamkan ke Pi 3 Model B.

Meski penambahan konektivitas wireless terdengar sepele, sejatinya ada banyak keuntungan yang bisa dinikmati. Salah satu contoh, pengguna dapat lebih mudah bereksperimen dengan perangkat IoT, skateboard elektrik yang dapat dikendalikan dengan remote control misalnya. Contoh lain yang lebih sederhana, pengguna bisa menyambungkan keyboard atau mousevia Bluetooth tanpa perlu mengandalkan USB hub.

Bagian terbaiknya, Pi Zero W tidak jauh lebih mahal dari Pi Zero. Setiap unitnya dijajakan seharga $10 saja, dan Raspberry Pi juga menawarkan tiga jenis casing opsional yang bisa disesuaikan dengan keperluan.

Sumber: Raspberry Pi.