RAWG Diracik Sebagai IMDB-nya Video Game

RAWG Diracik Sebagai IMDB-nya Video Game

Developer: "Tujuan RAWG adalah menyuguhkan Anda konten-konten berkualitas, serta menyederhanakan proses pencarian."
RAWG.
RAWG.

Melalui beberapa situs agregat seperti Metacric atau OpenCritic, saat ini para gamer bisa mudah mencari tahu pendapat para reviewer terhadap permainan yang ingin ia dibeli. Website-website ini fokus pada mengumpulkan sebanyak-banyaknya ulasan, merangkum konklusi artikel, lalu menyuguhkan Anda dengan skor rata-rata dari nilai yang diberikan para pengulas.

Namun situs-situs ini hanya bisa membantu gamer. Sedangkan yang sebetulnya dibutuhkan oleh developer (terutama studio indie) adalah eksposur serta memastikan kreasi mereka gampang ditemukan oleh konsumen. Dan dengan bertambah banyaknya jumlah game, persaingan jadi semakin ketat. Media mungkin bisa membantu menyaring judul-judul berkualitas, tapi mereka juga punya batasan.

Inilah hal yang memotivasi satu tim developer mengembangkan RAWG. RAWG ialah situs database ala IMDB, namun dikhususkan untuk permainan video. Di sana, Anda bisa mencari tahu segala macam informasi terkait game, juga memonitor judul-judul populer di kalangan gamer, dan dapat menyarankan Anda permainan-permainan potensial berdasarkan data yang diperolehnya – mirip fitur rekomendasi di Steam.

Berbeda dari Steam, RAWG dapat digunakan oleh pemain di seluruh platform. Selain game-game Steam, versi beta RAWG sudah merangkul judul Xbox, PlayStation, hingga Android serta iOS. Pengguna hanya tinggal memasukkan ID akun mereka, kemudian info backlog segera muncul secara otomatis. Buat sekarang, fitur ini belum bisa diterapkan buat game Nintendo karena belum didukung API untuk mensinkronisasi data.

Meski begitu, RAWG sudah mencatat banyak sekali permainan dari generasi console Nintendo berbeda. User dipersilakan meng-update informasi jika mereka telah memainkannya atau menamatkannya, serta merekomendasikan game ke teman.

“Kami tidak tetarik pada platform ataupun store yang Anda pilih, atau apakah Anda lebih menyukai membayarkan uang buat membeli game atau lebih memilih judul-judul gratis,” kata COO RAWG Dasha Lyalin pada Games Industry. “Tujuan utama kami adalah menyuguhkan Anda konten-konten berkualitas, serta serta menyederhanakan proses pencarian.”

Tentu saja RAWG juga memberikan keuntungan besar di sisi pengembangan game. Kehadirannya akan mengurangi kekhawatiran developer soal eksposur permainan mereka di mata gamer, terlepas dari apakah mereka merupakan tim developer besar atau beroperasi sebagai studio independen. Pengembang bisa lebih fokus menggarap game bermutu dengan konten yang kaya, dan RAWG siap menyodorkannya ke depan mata gamer.

Satu fungsi yang saya sukai di situs ialah solusi terhadap dilema umum para gamer: kian banyak koleksi permainan, kita jadi semakin bingung untuk menentukan judul apa yang harus dinikmati terlebih dulu. RAWG bisa memilihkannya buat Anda.

Sumber: Games Industry.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…