Categories

Gadget

Rayakan 1 Dekade, Xiaomi Luncurkan 5 dari 10 Produk Kejutan

WiFi Extender, Mi Band 5, TWS, Smartphone, dan harga baru untuk TV

Dimas Galih W. - 14 August 2020

Xiaomi saat ini sedang merayakan sepuluh tahun berinovasi di industri teknologi dunia. Di Indonesia, perayaan ini diisi dengan peluncuran sejumlah produk baru. Xiaomi sendiri mengatakan bahwa mereka memiliki 10 kejutan untuk konsumen di Indonesia. Namun saat ini, mereka baru mengumumkan 5 kejutan yang merupakan peluncuran produk-produk mereka.

Pertama, Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia memperkenalkan Mi Wi-Fi Range Extender Pro. Perangkat yang satu ini bakal memperkuat cakupan WiFi di rumah atau kantor sehingga dapat menjangkau ruangan yang lebih lebar lagi. Nantinya perangkat ini akan tersambung dengan router utama sekaligus memancarkan kembali sinyal tersebut.

Mi Wi-Fi Range Extender Pro hanya menggunakan jaringan 2.4 GHz dan teknologi yang dipakai adalah 802.11n. WiFi extender ini mampu terhubung dengan total 16 perangkat lain sehingga pengguna tidak perlu rebutan untuk dapat terkoneksi ke WiFi.

Perangkat kedua yang diperkenalkan adalah Mi True Wireless Earphones 2 Basic. TWS yang satu ini menawarkan audio dengan driver yang besar berukuran 14,2 mm. Codec SBC dan AAC sudah didukung oleh perangkat ini sehingga bisa meneruskan audio dengan suara yang lebih baik.

TWS ini memiliki daya tahan sampai 5 jam dari kondisi baterai penuh, dengan total masa pakai 20 jam melalui tiga kali pengisian dari wadahnya. Selain itu, TWS ini juga memiliki teknologi “dual-mic environmental noise cancellation” yang mampu menyaring suara di latar belakang. Dan perangkat ini juga memiliki touch area yang bisa diperintah untuk untuk menjalankan musik, menerima panggilan atau mengakses perintah suara.

Perangkat ketiga adalah Mi Smart Band 5 yang merupakan penerus dari lini olah raga mereka. Mi Band 5 memiliki layar AMOLED berukuran 1,1 inci yang lebih lebar sekitar 20% dari Mi Band 4. Perangkat ini memiliki fungsi untuk mengukur 11 aktivitas olahraga mulai yoga hingga lompat tali, serta memantau denyut jantung, kualitas tidur, termasuk pemantau jadwal menstrual untuk wanita.

Mi Band 5 saat ini sudah mengantungi sertifikasi 5 ATM yang bisa digunakan untuk kedalaman hingga 50 meter. Baterainya sendiri dapat bertahan hingga 14 hari dan pengisiannya saat ini juga sudah berganti desain menggunakan konektor magnet. Terakhir, perangkat ini juga sudah memiliki kemampuan untuk mengambil foto dari jarak jauh.

Perangkat terakhir yang diumumkan adalah smartphone Redmi 9A. Smartphone  dengan layar 6.53 inci ini digadang sebagai Jagoan kelas entry-level. Baterai yang terpasang memiliki kapasitas 5000 mAh sehingga bisa bertahan lebih dari sehari. Redmi 9A merupakan smartphone pertama yang menggunakan MediaTek Helio G25 di Indonesia.

Redmi 9A memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP ditambah dengan mesin AI dari Xiaomi. Xiaomi juga menyematkan MIUI 12 terbaru langsung pada perangkat ini. Untuk yang satu ini, saya juga sudah mendapatkan unit pengujiannya. Jadi tunggu ya artikel reviewnya.

Kejutan terakhir yang ditawarkan oleh Xiaomi adalah dari produk SmartTV mereka. Produk ini sudah diluncurkan beberapa bulan yang lalu, yaitu Mi TV 4. Saat ini, Mi TV 4 memiliki harga yang lebih murah dari saat peluncurannya. Hal ini membuat TV pintar ini memiliki harga sekitar Rp. 1.899.000 untuk yang 32 inci dan Rp. 2.999.000 untuk 43 inci.

Untuk harga dari keempat perangkat yang diluncurkan adalah sebagai berikut:

TipePenjualan PertamaHarga PerkenalanHarga Normal/Reguler
Redmi 9A 17 Agustus 2020

 

Online:

Mi.com, Lazada

 

Offline:

Authorized Mi Store

Authorized Mi Shops (segera hadir)

Erafone (segera hadir)

Rp1.199.000

(2GB + 32GB)

 

Rp1.299.000

(3GB + 32GB)

Rp1.249.000

(2GB + 32GB)

 

Rp1.349.000

(3GB + 32GB)

Mi Wi-Fi Range Extender Pro17 Agustus 2020

 

Online:

Mi.com, Lazada

 

Offline:

Authorized Mi Store

Authorized Mi Shops (segera hadir)

Rp149.000

 

Rp149.000

 

Mi True Wireless Earphones 2 BasicRp349.000Rp399.000
Mi Smart Band 520 Agustus 2020

 

Online:

Mi.com, Lazada, JD.id, Blibli, Shopee, Akulaku, Tokopedia

 

Offline:

Authorized Mi Store

Authorized Mi Shops (segera hadir)

Erafone (segera hadir)

Rp449.000Rp449.000

Mi Band 5 Tanpa NFC?

Mi Band 5 yang beredar di negara Tiongkok tentu saja memiliki NFC didalamnya. NFC sendiri saat ini sudah sering digunakan untuk melakukan transaksi, terutama dalam mengisi e-money. Saya pun sempat menanyakan mengapa versi yang masuk ke Indonesia merupakan varian tanpa NFC.

Alvin Tse mengatakan bahwa keputusan dalam membawa Mi Band 5 ke Indonesia adalah harga versus fitur. Harga Mi Band 5 di luar Indonesia yang membawa NFC memiliki harga yang lebih mahal. Menurut Xiaomi, penggunaan NFC di Indonesia juga masih sangat kecil sehingga hanya membawanya pada perangkat seri Redmi Note Pro.

Di Indonesia sendiri, Xiaomi menginginkan Mi Band 5 untuk dipakai oleh seluruh masyarakat Indonesia dalam berolah raga. Oleh karena itu, Xiaomi membanderol Mi Band 5 dengan harga yang lebih terjangkau.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter