Bulan ini, tepatnya tanggal 24 Agustus 2016 nanti, layanan marketplace besutan Indosat Ooredoo Cipika Store akan berulang tahun yang kedua. Di usianya yang kedua, telah banyak perubahan dan peningkatan yang terjadi dan Cipika Store juga berencana untuk mulai fokus di penjualan barang grosir. Di sisi lain, CipikaBookmate yang merupakan diversifikasi Cipika Store juga merayakan ulang tahun pertamanya.

Chief of New Business and Innovation Indosat Ooredoo Prashant Gokarn menyampaikan bahwa di usianya yang kedua ini Cipika Store telah melakukan banyak terobosan dan perubahan demi kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah dalam hal metode pembayaran.

“Untuk memberikan pilihan dan kemudahan bertransaksi, ada beberapa pengembangan yang kami lakukan di antaranya sistem pembayaran melalui BCA Klikpay dan Indomaret”, ujar Prashant.

[Baca juga: Layanan E-Commerce Indosat Cipika Geser Fokus Pasar ke Segmen Gadget]

Selain pengembangan sistem pembayaran, Cipika Store juga tercatat bekerja sama dengan berbagai perusahaan lintas segmen. Sebut saja Persib, Grab Express, MNC Play Media, IM3 Ooredoo, dan beberapa lainnya. Pihak Cipika pun merasa optimis karena melihat potensi e-commerce di Indonesia yang masih sangat tinggi.

Prashant mengatakan, “Dibandingkan tahun sebelumnya, Cipika mengalami kenaikan Gross Merchandise Value (GMV) hingga 70% sedangkan untuk cost promo mengalami penurunan hingga 50% dan Stock Keeping Value (SKU) di tahun ini didominasi oleh kategori gadget. Meski Cipika masih terhitung marketplace baru, saya yakin Cipika mampu bersaing dengan competitor.”

Selanjutnya, untuk fokus bisnis, Cipika merencanakan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan dengan fokus untuk penjualan barang grosir. Rencana ini dinilai bisa membawa Cipika ke posisi yang lebih baik.

“Pada tahun pertama fokus penjualan kami adalah kuliner nusantara, dalam perjalanannya kami terus melakukan pengembangan dalam program wholesale (grosir) yang berfokus kepada barang – barang outlets, gadget dan elektronik yang saat ini banyak diminati oleh pelanggan kami”, ungkap Prashant.

[Baca juga: CipikaBookmate dari Indosat Tawarkan Buku Digital dengan Sistem Langganan]

Di saat yang bersamaan, CipikaBookmate yang merupakan diversifikasi dari Cipika Store juga merayakan ulang tahunnya yang pertama. Sama halnya seperti Cipika Store, CipikaBookmate juga tengah merencanakan sejumlah inovasi untuk pelanggan-pelanggan mereka.

Beberapa di antaranya yang diungkapkan adalah sistem perpanjangan layanan melalui Direct Carrier (DCB), pembayaran via UMB, peluncuran paket harian, dan peningkatan jumlah konten di perpustakaan mereka yang bekerja sama dengan penerbit-penerbit ternama seperti Bentang Pustaka, Mizan Media, Rosda Karya, Zikrul Hakim Bestari, Trimkom, dan lainnya.

CipikaBookmate sendiri mengklaim telah berhasil mendapatkan pengguna aktif mencapai 80.000 dalam perjalanannya selama satu tahun beroperasi di tanah air. Angka ini ditargetkan bisa meningkat mencapai 300% pelanggan.

Application Information Will Show Up Here

 

Application Information Will Show Up Here