Categories

Gadget

Headset Nirkabel Razer Barracuda X Kompatibel dengan PC, PS5, Nintendo Switch, dan Perangkat Android

Semuanya berkat dongle USB-C, yang memungkinkan koneksi wireless secara seamless ke bermacam perangkat

Glenn Kaonang - 14 July 2021

Semuanya akan lebih mudah dengan USB-C. Laptop, smartphone, tablet, drone, dan banyak perangkat elektronik lain kini dapat di-charge menggunakan satu kabel yang sama. Monitor kini dapat menerima output display dari bermacam perangkat via satu kabel yang sama. Namun ternyata bukan cuma dunia perkabelan yang diuntungkan oleh USB-C, dunia wireless pun juga.

Dongle wireless yang tadinya mengandalkan konektor USB-A perlahan telah digantikan oleh dongle USB-C, dan ini membuka potensinya untuk digunakan bersama lebih banyak perangkat. Kalau perlu contoh, coba tengok headset gaming nirkabel terbaru dari Razer yang bernama Barracuda X berikut ini.

Berbekal dongle USB-C, Barracuda X dapat disambungkan ke PC, PlayStation 5, Nintendo Switch, maupun perangkat Android secara seamless. Tidak ada proses pairing yang perlu dijalani, dan perangkat juga tidak memerlukan software atau driver tambahan. Cukup tancapkan dongle-nya ke port USB-C milik perangkat, maka headset dapat langsung menerima dan menyalurkan sinyal audio.

Seandainya PC yang digunakan tidak punya port USB-C, atau Nintendo Switch sedang berada pada dock-nya, pengguna bisa memanfaatkan bantuan kabel adaptor USB-C ke USB-A yang termasuk dalam paket pembelian Barracuda X. Alternatif yang terakhir, Barracuda X juga dapat disambungkan menggunakan kabel audio standar 3,5 mm.

Secara estetika, Barracuda X lebih kelihatan seperti headphone biasa ketimbang headset gaming. Ini wajar kalau melihat sifatnya yang platform-agnostic. Razer menjanjikan pengalaman penggunaan yang nyaman, terutama berkat bobot Barracuda X yang tergolong ringan di angka 250 gram. Kinerja audionya sendiri disokong oleh driver Razer TriForce berdiameter 40 mm.

Untuk memudahkan pengoperasian, tombol power milik Barracuda X merangkap peran sebagai tombol pengaturan playback: klik satu kali untuk play/pause, dua kali untuk skip track, dan tiga kali untuk kembali ke track sebelumnya. Melengkapi aspek kontrolnya adalah kenop untuk mengatur volume dan tuas mute mikrofon. Alternatifnya, mikrofon tersebut juga bisa dilepas jika perlu.

Razer Barracuda X saat ini telah dipasarkan seharga $100. Di Indonesia, rencananya ia akan dijual dengan banderol resmi Rp1.699.000.

Sumber: Razer.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter