Categories

Gadget

Razer Blade 15 Advanced Unggulkan Keyboard dengan Switch Optis yang Lebih Presisi dan Responsif

Kenyamanannya pun tidak kalah dari keyboard dengan switch mekanis

Glenn Kaonang - 15 October 2019

Obsesi untuk menciptakan suatu gadget yang amat tipis sering kali berujung pada konsekuensi yang cukup fatal. Lihat saja MacBook Pro, yang dalam beberapa tahun terakhir ini selalu dikeluhkan oleh konsumen terkait keyboard-nya yang kerap bermasalah semenjak Apple memutuskan untuk mengganti jenis switch-nya dengan yang baru dan yang lebih tipis.

Bukan hanya itu, feel mengetiknya pun sangat berbeda dibandingkan dengan MacBook Pro generasi sebelumnya (pra-TouchBar). Kenyamanan yang ditawarkan suatu keyboard memang merupakan topik yang subjektif, tapi sebagian besar konsumen lebih suka dengan keyboard yang menawarkan key travel yang cukup dalam.

Bagi Razer, laptop berbodi tipis bukanlah alasan untuk tidak menyuguhkan pengalaman mengetik yang memuaskan. Sikap itu mereka tunjukkan lewat laptop terbaru mereka, varian anyar Razer Blade 15 Advanced yang datang mengusung switch keyboard tipe optis.

Cara kerja switch optis sebelumnya sudah pernah saya jelaskan ketika teknologi tersebut diperkenalkan pertama kali lewat keyboard Razer Huntsman. Sederhananya, switch optis punya karakter yang lebih responsif dan presisi ketimbang switch mekanis. Kendati demikian, Razer bilang keyboard milik Blade 15 Advanced terbaru ini masih bisa memberikan sensasi taktil yang tak kalah memuaskan dari keyboard mekanis.

Namun yang terpenting, key travel-nya cukup dalam, bahkan separuh lebih dalam daripada sebelumnya. Di saat yang sama, tingkat aktuasinya cukup pendek di angka 1 mm, yang berarti pengguna tidak perlu menekan tombol terlalu keras supaya input-nya bisa terbaca. Ini sangat berguna untuk sesi gaming dengan aksi-aksi cepat.

Itu semua dikemas dalam bodi yang tebalnya tidak lebih dari 18 mm, dan spesifikasinya pun tergolong sangat mumpuni, dengan prosesor 6-core Intel Core i7-9750H, GPU Nvidia GeForce RTX 2070, RAM 16 GB DDR4, dan SSD berkapasitas 512 GB.

Layar 15,6 incinya yang diapit oleh bezel amat tipis juga istimewa. Resolusinya memang cuma 1080p, tapi refresh rate-nya 240 Hz, memantapkan posisinya sebagai laptop yang diprioritaskan untuk gaming. Perangkat ini juga tidak pelit konektivitas terlepas dari rangkanya yang tipis; selain port HDMI dan Mini DisplayPort, ada juga dua port USB-C (satunya Thunderbolt 3) dan dua port USB-A.

Razer Blade 15 Advanced dengan keyboard optis ini sekarang sudah dipasarkan seharga $2.649. Razer juga berniat menghadirkan keyboard yang sama pada varian-varian lain Blade, tapi itu baru akan dijalankan tahun depan.

Sumber: Razer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter