Categories

Gadget

Headset Razer Ifrit Ditujukan untuk Streamer yang Membutuhkan Mobilitas Ekstra

Bentuknya lebih mirip earphone tipe neckband, dan mikrofonnya diyakini tak kalah dari mikrofon USB berkat dampingan dongle analog-to-digital converter

Glenn Kaonang - 24 September 2018

Meningkatnya tren kreasi konten di ranah gaming memotivasi Razer untuk meluncurkan sejumlah perangkat yang didedikasikan buat para streamer atau broadcaster, termasuk yang sudah level profesional. Penawaran Razer di segmen ini semakin lengkap berkat kehadiran produk terbarunya yang bernama Ifrit.

Ifrit merupakan sebuah headset, akan tetapi desainnya tergolong tidak umum. Bukannya berwujud seperti headphone dengan sebuah mikrofon yang menyembul dari salah satu sisi earcup-nya, Ifrit malah mengadopsi gaya desain ala earphone tipe neckband. Namun ada satu pembedanya: rangka fleksibelnya mengitari bagian belakang kepala, bukan leher.

Razer percaya desain semacam ini bisa meningkatkan mobilitas selama streaming berlangsung. Ibaratnya seperti mengenakan kacamata, tapi dibalik depan dan belakangnya. Usai terpasang, pengguna tinggal menancapkan kedua earpiece yang tersambung kabel pendek, kemudian atur posisi mikrofon kondensornya.

Mikrofonnya ini diklaim punya kinerja tidak kalah dari mikrofon USB yang biasa diletakkan di atas meja. Alasannya, Razer telah melengkapi Ifrit dengan komponen pembantu bernama USB Audio Enhancer, yang sejatinya merupakan analog-to-digital converter (kebalikan DAC). Dongle ini diyakini mampu meningkatkan kejernihan suara yang ditangkap mikrofon sekaligus meminimalkan suara pengganggu dari sekitar.

Di samping itu, USB Audio Enhancer rupanya juga dirancang untuk mewujudkan skenario co-streaming bersama seorang partner tanpa ribet. Ia dibekali dua jack 3,5 mm, sehingga dua unit Ifrit (atau headset lain dengan konektor 3,5 mm) dapat disambungkan ke USB Audio Enhancer, dan keduanya pun langsung terhubung ke satu PC yang sama.

Saat ini Razer Ifrit telah dipasarkan seharga $100, sudah termasuk USB Audio Enhancer itu tadi. Buat yang tidak berniat mengganti headset-nya tapi mendambakan kualitas lebih, USB Audio Enhancer bisa dibeli secara terpisah seharga $20.

Sumber: Razer.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter