Categories

Gadget

Webcam Terbaru Razer Didesain untuk Kebutuhan Video Conferencing Sekaligus Streaming

Kualitas gambar yang dihasilkan dipastikan konsisten meski kondisi cahaya di sekitar berubah-ubah

Glenn Kaonang - 25 February 2021

Tren bekerja dan belajar dari rumah yang terus berkelanjutan merupakan kabar baik bagi produsen webcam. Begitu baiknya, bahkan brand seperti Razer pun sekarang juga ikut berjualan webcam.

Dijuluki Kiyo Pro, webcam ini Razer rancang untuk kebutuhan video conferencing sekaligus streaming. Kalau namanya terdengar familier, itu karena Razer pernah meluncurkan webcam bernama Kiyo di tahun 2017, jauh sebelum work from home jadi kebiasaan baru bagi kita.

Fitur unggulan Kiyo Pro adalah Adaptive Light Sensor, yang dapat mendeteksi kondisi pencahayaan di ruangan secara otomatis, lalu menyesuaikan sendiri parameter gambarnya sampai ke titik yang paling optimal. Sederhananya, kualitas gambar yang dihasilkan bakal konsisten meski kondisi cahaya di sekitar berubah-ubah.

Secara teknis, Kiyo Pro mengemas sensor berukuran 1/2,8 inci yang mampu mengambil gambar dalam resolusi maksimum 1080p 60 fps. Ia juga dilengkapi mode HDR yang akan meningkatkan dynamic range secara signifikan, tapi sebagai gantinya frame rate akan diturunkan menjadi 30 fps. Selain itu, Kiyo Pro turut dibekali mikrofon dengan pickup pattern omni-directional.

Untuk lensanya, Kiyo Pro menawarkan tiga opsi field of view — 103°, 90°, atau 80° — sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi ketika sedang streaming, pengguna bisa memilih perspektif yang paling luas, sedangkan ketika sedang mengikuti rapat, pengguna dapat memilih field of view 80° untuk tampilan yang lebih terfokus. Razer pun tidak lupa melapisi lensanya dengan kaca Gorilla Glass 3 sebagai proteksi ekstra.

Terkait mounting, Kiyo Pro tergolong cukup fleksibel karena dapat dengan mudah diposisikan langsung di atas meja, di atas monitor, atau di atas tripod. Saat sedang tidak dipakai, pengguna bisa menutup lensanya dengan cover yang termasuk dalam paket penjualan seandainya perlu jaminan ekstra akan privasinya.

Rencananya, Razer Kiyo Pro bakal mulai dijual di Indonesia pada bulan Maret dengan harga Rp3.299.000. Kehadiran webcam ini semakin melengkapi penawaran Razer di kategori non-gaming setelah sebelumnya mereka memperkenalkan keyboard dan mouse Razer Pro Click dan Pro Type, maupun laptop Razer Book 13.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter