5 September 2016

by Yoga Wisesa

Razer Ornata Chroma Ialah Keyboard Membran Dengan Rasa Mekanik

Mecha-Membrane mencoba menyuguhkan keakuratan, pergerakan, serta sensasi tactile ala switch mekanik dan empuknya keyboard membran.

Konon, sekali seseorang sudah merasakan nikmatnya keyboard mekanik, akan sangat sulit buat kembali menggunakan papan ketik berbasis membran. Begitu esensialnya switch mekanik, konsumen rela mengeluarkan banyak uang demi memiliki produk tersebut, bahkan beberapa  produsen tidak ragu mengorbankan mobilitas demi membenamkan teknologinya di notebook gaming.

Kendalanya, keyboard mekanik bukanlah barang murah. Lalu Anda harus menentukan tipe switch yang cocok karena beberapa varian membuat jari jadi cepat lelah. Mencoba mengombinasikan aspek-aspek terbaik dari switch mekanik serta membran, Razer memperkenalkan teknologi Mecha-Membrane dan menerapkannya di produk papan ketik Ornata Chroma.

Dikembangkan langsung oleh perusahaan spesialis periferal gaming terkenal dari Kalifornia itu, Mecha-Membrane mencoba menyuguhkan keakuratan, pergerakan, serta sensasi tactile ala switch mekanik dan empuknya keyboard membran. Dari laporan TomsHardware, rasanya hampir mirip seperti switch Blue atau Green, namun lebih ringan serta mempunyai bunyi klik serupa (Cherry MX Blue), dan actuation-nya lebih pendek.

Ukuran cap Mecha-Membrane lebih dangkal dibandingkan milik keyboard mekanik sejati, serta tidak mempunyai per. Tuts didorong ke posisi awal oleh membran karet, lalu suara klik dihasilkan oleh bilah logam di dalam switch yang 'terpukul' tiap kali tombol dilepas. Kemudian, komponen lampu LED diposisikan di tengah-tengah batang switch.

Razer Ornata Chroma menyajikan layout full-size berdesain simpel dan komponen wrist rest ergonomis dengan magnet dan bantalan empuk - dikalim mampu menjaga kenyamanan pengguna dalam sesi gaming intensif. Mengusung kata Chroma, itu berarti Ornata didukung sistem pencahayaan dan pola warna-warni RGB yang dapat Anda kustomisasi, menghidangkan pilihan sebanyak 16,8 juta warna.

Ornata tentu saja kompatibel ke software Razer Synapse, dan tombol-tombolnya bisa diprogram secara on-the-fly. Periferal ini juga ditopang mode gaming khusus serta fitur anti-ghosting, memastikan input tetap dapat diidentifikasi meski tombol ditekan bersamaan - maksimal 10 jari. Profile lighting Chroma juga dirancang agar terintegrasi ke permainan-permainan populer saat ini seperti Overwatch, Black Ops III sampai Blade and Soul.

Jika Anda ingin menjajal seperti apa rasanya switch Mecha-Membrane tapi saat ini sedang berhemat, Razer turut menyediakan model Ornata biasa, dijajakan US$ 20 lebih murah dibanding harga Ornata Chroma, yaitu US$ 100. Produk sudah bisa di-pre-order di Razer Store, dan rencananya akan mulai tersedia secara global pada bulan Oktober 2016.

Sumber: Razer Zone.