1 October 2019

by Glenn Kaonang

Mikrofon Razer Seiren Emote Wujudkan Interaksi yang Lebih Asyik Antara Streamer dan Penontonnya

Tampilkan emoticon yang tersinkronisasi dengan beragam aktivitas di sepanjang sesi streaming

Di samping webcam, mikrofon merupakan perangkat esensial yang wajib dimiliki para live streamer. Lewat mikrofon inilah mereka bisa berinteraksi dengan para penontonnya, dan Razer menilai bentuk interaksinya bisa lebih dari sebatas komunikasi lisan.

Tidak percaya? Lihat saja mikrofon USB terbaru mereka, Seiren Emote. Sesuai namanya, mikrofon ini unik karena dapat menampilkan emoticon 8-bit ke hadapan para penonton. Emoticon-nya juga tidak harus dimunculkan secara manual, melainkan bisa tersinkronisasi dengan berbagai aktivitas di sepanjang sesi live streaming.

Contoh yang paling gampang, perangkat dapat menampilkan emoticon berterima kasih saat ada subscriber baru, atau saat ada penonton yang memberikan donasi. Semuanya berjalan secara otomatis, tergantung pengaturan yang ditetapkan oleh live streamer via Razer Streamer Companion App.

Di software itu juga pengguna dapat memilih lebih dari 100 emoticon, baik yang statis atau yang animated. Mereka pun juga bisa menciptakan emoticon-nya sendiri dengan berkreasi di atas grid LED 8 x 8. Ya, pada akhirnya memang semua kembali ke kreativitas masing-masing live streamer.

Terlepas dari keunikannya, Seiren Emote tidak melupakan peran utamanya sebagai mikrofon. Pickup pattern hyper-cardioid yang ditawarkannya diyakini bisa menangkap suara secara lebih terfokus selagi mengeliminasi suara sekitar yang mengganggu, terutama jika dibandingkan dengan pickup pattern cardioid biasa.

Peredam kejut juga menjadi salah satu penawaran unik Seiren Emote, dengan tujuan untuk mengeliminasi suara-suara yang tak diinginkan ketika streamer tidak sengaja menyenggol mikrofon. Untuk penempatan yang lebih fleksibel, Razer juga menyertakan komponen interchangeable yang dapat meninggikan posisi mikrofon.

Razer Seiren Emote rencananya akan dipasarkan mulai kuartal keempat tahun ini seharga $180. Aplikasi pendampingnya kompatibel dengan software maupun platform broadcasting populer macam XSplit, Streamlabs, Twitch dan Mixer.

Sumber: Razer.