27 October 2015

by Bambang Winarso

Rbrowser, Peramban Ngebut Jodohnya Perangkat Snapdragon

Saat ini ada banyak sekali aplikasi peramban yang dipajang di toko aplikasi baik yang berbasis Android ataupun iOS. Tapi dari sekian banyak aplikasi peramban, sedikit yang dirancang dari kode Chromium. Nah, Rbrowser adalah satu dari yang sedikit itu.

Diluncurkan ke Play Store tiga hari yang lalu, Rbrowser ditugaskan untuk memberikan kecepatan dan kestabilan kepada perangkat yang diotaki oleh prosesor Snapdragon ketika menjelajah dunia maya. Menjadi pasangan tepat bagi perangkat yang diklaim melengkapi performa yang telah diakomodasi oleh Qualcomm.

Rbrowser dirancang dari kode Chromium yang juga digunakan oleh peramban Chrome dan Chrome OS. Menyajikan Interface yang dibuat seramah mungkin terutama untuk pengguna perangkat Android.

Berdasarkan penuturan pengembang, Rbrowser telah melewati tahap pengujian, diadu dengan dua browser ternama Firefox dan Chrome. Hasilnya, Rbrowser 10%-30% lebih cepat dan juga lebih digunakan ketimbang peramban lainnya. Selain panel pengaturannya yang dibuat sederhana, pengembang juga telah melakukan perbaikan bugs.

Info Menarik:Adware Baru Mampu Bajak dan Menyamar Jadi Browser

Sementara dari apa yang dilansir oleh PhoneArena, Rbrowser cocok untuk pengguna Android yang menginginkan sebuah peramban sederhana tapi cepat. Ia juga memiliki beberapa mode penggunaan yang cocok untuk di siang hari atau malam hari, mode power saving dan juga auto-fill.

Untuk mempermudah pengguna dalam melakukan navigasi halaman yang panjang, Rbrowser menambahkan dukungan Edge-swipe. Fitur yang memungkinkan pengguna beralih dari halaman terakhir dan sebelumnya dengan menggeser layar ke kiri atau ke kanan.

Tak melupakan privasi dan keamanan, Rbrowser seperti melindungi pengguna dari iklan-iklan yang tidak diinginkan bersama dengan fitur pembersihan data-data pribadi yang tersimpan di cache dan cookies.

Jika Anda merasa penasaran untuk mencoba, Rbrowser sudah tersedia secara cuma-cuma di Google Play Store.

Sumber gambar header Shutterstock.