1. Lifestyle

Real FX, Kombinasi Mainan Mobil Radio Control dengan Kecerdasan Buatan

Mainan mobil balap memiliki kisah yang panjang dalam catatan sejarah. Awalnya mereka tersaji dalam bentuk miniatur, kemudian diciptakanlah mainan slot car, dari sana kita akhirnya mengenal mainan mobil radio control, dan yang terakhir mereka hadir dalam medium video game. Menariknya, perkembangan mainan mobil tidak berhenti sampai di sana.

Wow! Labs, sebuah tim developer asal Inggris, menemukan sebuah ide yang liar: mereka mencoba menyatukan konsep slot car, mainan radio control dengan kecerdasan buatan yang biasanya dirancang untuk video game. Akhirnya mereka berhasil mengkombinasi semuanya dalam satu set mainan revolusioner. Tim Wow! Labs menamainya Real FX.

Real FX memiliki semangat yang sama seperti Anki Drive yang diperkenalkan berbulan-bulan lalu. Bedanya, Real FX lebih mudah dinikmati oleh banyak orang karena ia tidak membutuhkan handset ataupun harus berjalan di sistem operasi tertentu.

Satu set Real FX terdiri dari mainan mobil, remote control Smart Controller, dan lembaran sirkut Smart Track yang bisa Anda susun sesuai keinginan. Mobil-mobil mainan Real FX memanfaatkan sensor electro-optical pada bagian depan dan belakang, ia akan berkomunikasi secara langsung dengan Smart Controller. Dengan tiga buah baterai AAA 1,5 volt, mobil dapat melaju selama empat jam non-stop.

 

Info menarik: Anki Drive: Permainan Mobil Balap Dengan Kecerdasan Buatan

 

Lalu untuk apa kecerdasan buatannya? Artificial intelligence akan membantu Anda untuk tidak keluar jalur saat mobil sedang berlaju kencang. Jika disimulasikan dengan ukuran sesungguhnya, mobil-mobil mainan ini seolah-olah melaju dalam kecepatan 180 mph - atau sekitar 290 kilometer per jam.

Tapi permainan ini tetap menuntut Anda dalam menggunakan skill untuk menyusul lawan, menghindari hal-hal berbahaya (seperti genangan minyak hingga ban meletus), memperbaiki mobil di pit-stop, dan menjadi yang tercepat di arena balap. Jika Anda memacu mobil terlalu cepat, ia akan tergelincir di tikungan tajam dan keluar dari jalur.

Dan seperti video game, Anda bisa bermain secara multiplayer ataupun singleplayer. Anda tidak membutuhkan orang lain untuk bisa menikmatinya. Yang Anda perlu lakukan hanyalah menambahkan mobil lain dan mensettingnya ke mode Pace Car. Adanya kecerdasan buatan memungkinkan mobil tersebut berpacu melawan Anda dengan gigih.

Tim developer menyebut Real FX sebagai mainan yang mudah dipasang dan dipelajari, namun membutuhkan latihan dan jam terbang agar bisa mahir. Ia akan dilengkapi dengan fitur voice menu dan juga pengumuman perlombaan dalam delapan bahasa (Inggris, Spanyol, Perancis, Itali, Jerman, Arab, Jepang dan Rusia).

 

Info menarik: Lego Fusion Mengubah Mainan Balok Favorit Anda Menjadi Game Interaktif

 

Ada dua buah mode yang bisa Anda nikmati: Practice, dimana Anda bisa menciptakan rekor waktu tercepat, dan kawan Anda bisa turut berpartisipasi di dalamnya; serta Championship, yang memungkinkan para pemain bertanding bersama-sama. Anda bisa memilih jumlah lap atau mengkustomisasi settingnya sendiri.

Tiap kali ada bahaya di depan, remote Smart Controller akan mengingatkan pemain. Dengan begitu, Anda harus menyesuaikan gaya mengemudi sebelum melewatinya. Jika menabraknya, performa mobil Anda akan turun sementara.

Lalu ada juga event random seperti kerusakan mesin. Jika kebetulan mobil mainan Anda yang mengalami kerusakan, ia tidak akan mampu berjalan dengan normal hingga Anda mengunjungi pit-stop.

Ide Real FX dimulai hampir sepuluh tahun lalu, dan membutuhkan waktu enam tahun hingga Wow! Labs dapat mematangkannya seperti sekarang. Dalam kampanye crowdfunding di Kickstarter, tim developer membutuhkan uang £ 50.000 (sekitar US$ 85.200) agar mainan Real FX ini bisa diproduksi. Silakan bantu mereka agar proyek Real FX dapat terealisasi.

Gambar header: Sackvillerc.com.

Koreksi: Perbaikan di akhir paragraf tanpa mengubah isi dan maksud tulisan. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again